Cintai Kerja Lapangan Lewat KKL

|

Ilustrasi : ist.

Cintai Kerja Lapangan Lewat KKL

JAKARTA - Kuliah Kerja Lapangan (KKL) adalah kesempatan bagi para mahasiswa untuk merasakan pengalaman terjun langsung ke masyarakat. Kesempatan ini berguna dalam membantu mahasiswa memahami kondisi masyarakat sekitar sehingga dapat mengambil tindakan sebagai solusi.

Dalam pelepasan 759 mahasiswa Kuliah Kerja Profesi (KKP) dan 243 mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) Goes to Field  (IGTF) 2012, Rektor IPB Herry Suhardiyanto menyebut, ajang ini adalah peluang bagi mahasiswa untuk semakin mencintai pekerjaan di lapangan.

“Saya berharap mahasiswa IPB mencintai bekerja di lapangan, karena demikianlah filosofi IPB dibangun. Pekerjaan lapangan sangat identik dengan dunia pertanian. Kita bisa bersama-sama dengan masyarakat mengindentifikasi berbagai persoalan dan kemudian mencari solusi bersama,” kata Herry, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Selasa (26/6/2012).

Ketua Pelaksana KKP IPB 2012 Memen Surahman bertutur, setiap tahun IPB menggelar KKP sebagai bagian dari wujud kepedulian IPB kepada persoalan pertanian bangsa. “Kegiatan KKP juga merupakan bagian dari kegiatan akademis. Saya berharap mahasiswa benar-benar melaksanakan dengan baik dan menjaga nama baik IPB,” ujar Memen.

Sementara itu, Ketua Pelaksana IPB Goes to Field 2012, I Wayan Astika mengungkap, dalam IGTF 2012 diangkat 10 tema atas komitmen bersama  tujuh kabupaten/kota. “Kota atau kabupaten tersebut di antaranya Kabupaten Brebes, Klaten, Kudus, Kota Batam, Desa-desa di Kecamatan Cigombong, dan PT Arutmin di Kalimantan Selatan,” tutur Wayan.

Kegiatan IGTF dimulai dengan melakukan penjajakan ke lokasi-lokasi mitra pada April lalu. Kemudian, dilanjutkan sosialisasi kepada mahasiswa pada 26 Mei 2012. Setelah proses pendaftaran dan seleksi, terpilih 243 orang mahasiswa sebagai peserta. Peserta program ini adalah mahasiswa semester empat ke atas dengan puluhan dosen yang terlibat menjadi narasumber.(mrg)

(rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Kisruh di DPR, Fahri Hamzah: Semua Akan Baik-Baik Saja