FTIP Unpad Luncurkan 4 Produk Agrobisnis Inovatif

|

Foto : Unpad

FTIP Unpad Luncurkan 4 Produk Agrobisnis Inovatif
JAKARTA - Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP) Universitas Padjadjaran (Unpad), Bandung meluncurkan sejumlah program inovasi agrobisnis besutan para mahasiswa. Berawal dari mata kuliah Desain Produk dan Manajemen Proyek Teknik yang berbasis kewirausahaan, dihasilkan empat produk inovatif yang telah dirancang oleh kelompok mahasiswa FTIP Unpad.

Keempat produk tersebut terdiri atas produk pangan dan nonpangan. Untuk kategori pangan terdapat inovasi berupa Beras Rendah Kalori “Lumbung Sehat” dan konsep pengembangan produk agroindustri dalam bentuk sosial media yang bertajuk “Rumah Cemilan Online.” Sementara untuk produk nonpangan berbentuk suplemen dari limbah putih telur yang diberi nama “TamagoVit”, serta alat pertanian multichopper bertajuk “Sphiita Chopper”.

"Sebagai kampus berbasis teknologi, FTIP Unpad berupaya untuk menghasilkan teknologi-teknologi baru, khususnya pada bidang agribisnis. Apabila tidak menghasilkan teknologi yang terintegrasi, maka FTIP Unpad hanya memberikan teori-teori saja dalam hal akademiknya," imbuh Pembantu Dekan III FTIP, Bambang Nurhadi, seperti disitat dari situs Unpad, Selasa (26/6/2012).

Menurut pembimbing empat kelompok tersebut, Dwi Purnomo, empat produk ini merupakan kemajuan dari tahun sebelumnya karena tahun lalu meluncurkan dua kategori produk saja. Perkembangan ini, lanjutnya, disebabkan semakin banyaknya animo mahasiswa untuk mengambil dua mata kuliah tersebut. “Apabila difasilitasi dengan baik, mahasiswa akan mampu menghasilkan produk-produk yang inovatif, ditambah dengan ide-ide yang orisinal, idealis, tanpa terdistorsi apa pun. Hal inilah yang perlu dikembangkan,” papar Dwi.

Terkait presentasi produk, Pembantu Dekan I FTIP Unpad Totok Pujianto berkata, keempat produk ini diharapkan dapat membantu mengembangakan dan meningkatkan Usaha Masyarakat Kecil dan Menengah (UMKM). Caranya, tambah Totok, dengan merangkul mereka untuk menciptakan suatu produk yang terintegrasi. “Selamat berkreasi dan berkarya lagi untuk para mahasiswa FTIP lainnya, semoga ini menjadi inspirasi bagi angkatan-angkatan selanjutnya,” imbuh Totok.(mrg) (rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Bus Rosalia Indah Tabrak Rumah