Tim Roboboat Undip Gondol Juara di AS

|

Salah satu babak dalam AUVSI Foundation and ONR's 5th International RoboBoat Competition (Foto: AUVSI Foundation)

Tim Roboboat Undip Gondol Juara di AS

JAKARTA - Dunia robotika Indonesia kian diperhitungkan dunia. Satu lagi prestasi anak bangsa dalam dunia robotika ditorehkan mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip).

Melalui Tim Roboboat, Undip mendapatkan Hull From Award pada Kejuaraan "AUVSI Foundation and ONR’s 5th International RoboBoat Competition" pada 20-24 Juni lalu di Virginia Beach, Amerika Serikat. Tim Roboboat Undip digawangi tiga mahasiswa Teknik Perkapalan Aldias Bahatmaka, Biwa Abi Laksana, dan Dandy Kurniawan; dua mahasiswa Teknik Elektro M Fairuz Luthfa dan Bambang Nur Cahyono; Jalu Rahmadi Mukti L (Teknik Mesin) dan Diaz Wicaksono (Teknik Sistem Komputer). Demikian seperti dikutip dari situs Undip, Rabu (27/6/2012).

AUVSI Foundation and ONR's 5th International RoboBoat Competition merupakan sebuah kompetisi bergengsi tingkat dunia dalam bidang maritim. Kompetisi ini mempertemukan para profesional, peneliti, pengajar, dan mahasiswa-mahasiswa dari berbagai negara di dunia. Mereka berlomba menciptakan teknologi terbaru dan tercanggih untuk kapal tanpa awak dengan sebuah sistem kontrol yang dapat digunakan sebagai alat pertahanan negara. Selain Undip, Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Trisakti (Usakti) ikut ambil bagian dalam kompetisi tahun ini.

Pemenang pertama AUVSI Foundation and ONR's 5th International RoboBoat Competition adalah University of Michigan, AS, dengan hadiah USD7.000. Juara dua diraih oleh Villanova University yang berhak atas hadiah USD5.000, dan juara tiga dari Embry Riddle Aeronautical University mendapatkan USD 3.000. Pemenang keempat berasal dari AS juga, yakni University of Central Florida. Mereka membawa pulang hadiah senilai USD3.000.

Sementara itu, pemenang penghargaan Technical Ambassadors adalah Virginia Tech, Transportability Award diraih oleh National Cheng Kung University, Taiwan, Hull Form Design Award disabet Universitas Diponegoro, dan Open Source Award dibawa pulang oleh Old Dominion University. Tiap-tiap pemenang penghargaan khusus ini berhak atas hadiah senilai USD500.

(rfa)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Tiga Penambang Emas Ilegal Tewas Keracunan