Unsoed Tambah Dua Guru Besar

|

Foto : Rektor Unsoed, Edy Yuwono/Unsoed

Unsoed Tambah Dua Guru Besar
JAKARTA - Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto menambah dua jumlah guru besar (gubes). Mereka adalah Suwarto gubes ke-47 dan Sri Suhermiyati sebagai gubes ke-48 di kampus tersebut.

Rektor Unsoed Edy Yuwono menyebut, pengukuhan kedua gubes ini merupakan sebuah kebanggaan sekaligus kehormatan bagi universitas. Dia menambahkan, penelitian yang dilakukan oleh Suwarto tentang padi yang memiliki kandungan zat besi (Fe) tinggi serta menyulap limbah menjadi penyumbang produk hewani yang sehat besutan Sri Suhermiyati, memberikan keyakinan bahwa suatu masalah harus dipecahkan dengan pendekatan multidisiplin.

“Kekurangan gizi dan pemenuhan kebutuhan gizi, dalam hal ini protein merupakan permasalahan kesehatan di masyarakat. Namun ternyata kepakaran di bidang pertanian dan peternakan memiliki sumbangsih dalam menyelesaikan masalah tersebut,” kata Edy, seperti dilansir dari laman Unsoed, Rabu (27/6/2012).

Edy mengungkap, untuk menjaga kualitas kepakaran, haruslah berpegang pada nilai-nilai etika ilmiah yang berlaku. “Keharusan mendeskripsikan gagasan dan temuan ilmiah (Communalism), terbebas dari sekat-sekat geografis dan politis (Universalism), bebas dari kepentingan pribadi dan golongan (Disinterestedness), mengutamakan keaslian dan menghindari plagiat (Originalities), serta kritis baik terhadap karya sendiri maupun karya orang lain (Skepticism). CUDOS adalah nilai-nilai ilmiah yang harus kita pegang,” tuturnya.

Dia meyakini, dengan dikukuhkannya dua gubes baru ini akan menggairahkan semangat para civitas academica yang lain untuk terus berinovasi untuk kemaslahatan bangsa. "Kedudukan guru besar bukanlah sebagai akhir dari proses, namun justru awalan untuk semakin mengembangkan keilmuan dalam kerangka keilmuan itu sendiri. Kebebasan akademik dan merefleksikan proses pembelajaran sepanjang hayat yang sesungguhnya," imbuhnya.(mrg) (rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Hermanto Dardak Dinilai Layak Jadi Menteri PU