10 Alasan Kamu Harus Kuliah ke Luar Negeri (2)

|

Image: corbis.com

10 Alasan Kamu Harus Kuliah ke Luar Negeri (2)
BAYANGAN hidup jauh dari keluarga, saudara, dan teman dekat seringkali membuat kita tidak kuliah di luar daerah, apalagi luar negeri. Faktor penahan ini termasuk bahasa dan budaya yang berbeda dengan di Tanah Air.

Tahukah kamu, pengalaman studi di luar negeri dapat menjadi titik penting selama kamu menjadi mahasiswa. Kamu dapat merasakan pengalaman langsung mempelajari berbagai budaya dari teman-teman internasionalmu. Kamu juga dapat mengeksplorasi nilai-nilai budaya sendiri untuk ditampilkan di negara asing.

Sebagai gambaran, setidaknya ada 10 alasan mengapa kamu harus kuliah ke luar negeri. Berikut ini adalah lima alasan kedua seperti dilansir Surviving College, Kamis (28/6/2012).

Terbebas dari rutinitas


Jika kamu termasuk mahasiswa yang sangat aktif di kampus, terlibat dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler, maka kamu akan terbiasa dengan jadwal yang padat. Pertemuan kelompok, kuliah penuh, proyek klub, kerja paruh waktu, dan magang menyibukkanmu setiap hari. Selalu ada alasan mengapa kamu berpikir semua sistem itu akan berantakan ketika kamu tidak hadir. 

Tetapi kamu harus tetap menjaga pemikiran ini: seseorang akan selalu ada di sana ketika kamu tidak ada. Kamu tidak perlu mengorbankan hidupmu hanya karena kamu khawatir semua akan berantakan tanpa kehadiranmu. Kamu bisa mencoba sebuah pengalaman satu semester tanpa kekhawatiran, tanpa kewajiban.

Kesempatan belajar tentang dirimu


Ketika kamu berada di dunia yang benar-benar beda, kamu akan punya kesempatan untuk memikirkan ulang semua kepercayaan dan cara pandangmu, termasuk nilai-nilai yang kamu anut. Kamu dapat memilih untuk menyambut konsep dan persepsi baru karena kamu akan berkesempatan mempelajari banyak hal baru.

Kamu dapat mengeksplorasi warisanmu


Sebagian dari kita mungkin memiliki kakek nenek dari negara tempat kita menuntut ilmu. Ketika kamu merasakan pengalaman budaya di tempat keluargamu dibesarkan, hal itu akan memberimu pemahaman baru tentang siapa mereka. Pengalaman ini juga akan membuatmu mengeksplorasi berbagai hal yang telah menjadi bagian dari dirimu, yang nantinya akan membantumu mengembangkan identitas individumu.

Meningkatkan nilai jual di resumemu


Belajar di luar negeri tidak hanya akan meningkatkan nilai jual akademis dalam resume atau curiculum vitaemu (CV). Pengalamanmu berinteraksi dengan orang dari berbagai negara akan memberi nilai tambah juga di mata para perekrut karyawan.

Meningkatkan nilai gelar akademikmu


Kamu dapat mempelajari bagaimana kondisi budaya yang berbeda dapat mempengaruhi konsentrasimu belajar, berdiskusi, dan berpikir. Seringkali, kampusmu di luar negeri akan memberi kesempatan di mata-mata kuliah tertentu yang tidak bisa kamu ambil di Tanah Air. Kesempatan ini akan membantumu menambahkan perspektif internasional dalam studimu, entah kamu mendalami linguistik, literatur, bisnis, ataupun teknik.

Memang banyak pertimbangan ketika kamu memutuskan untuk hidup di negara lain untuk jangka waktu tertentu. Tetapi ingatlah, keuntungan dari pengalaman studi ini akan lebih banyak ketimbang berbagai kekhawatiranmu itu. (rfa)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Janji Jokowi Mulai Ditagih