Rektor ITS : Proses Lebih Penting Daripada Hasil

Ilustrasi : ist.

Rektor ITS : Proses Lebih Penting Daripada Hasil
JAKARTA - Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, Tri Yogi Yuwono melepas tim robotik ITS yang akan berlaga dalam Kontes Robot Nasional (KRN) 2012 di Bandung. Dalam prosesi pelepasan tersebut, orang nomor satu di ITS ini memberikan apresiasi kepada kontingen serta membakar semangat mereka dengan mengikrarkan kata "vivat" sebanyak tiga kali.

Tri Yogi mengatakan, pengumuman untuk menjadi jawara tidak perlu menunggu hingga KRN berakhir. Menurut Tri Yogi, sejak saat ini pun mereka sudah menjadi pemenang karena berhasil menjalankan dengan baik tanggung jawab yang dibebankan. ''Siap untuk bertanding merupakan faktor yang sangat penting,'' ujar Tri Yogi, seperti dinukil dari ITS Online, Kamis (28/6/2012).

Alumni Jurusan Teknik Mesin ITS itu menyebut, dalam pertandingan nanti, kontingen ITS harus menjunjung tinggi sportivitas. Kejujuran harus berada pada garis terdepan, seperti apapun hasilnya. ''Proses lebih penting daripada hasil,'' tuturnya.

Senada dengan Tri Yogi, Pembantu Rektor (PR) I ITS Herman Sasongko mengungkap, persiapan yang maksimal dari tim ITS dapat menenangkan segenap civitas academica. Pasalnya, kelemahan yang dianulir bakal menjadi persoalan beberapa waktu lalu, sudah dapat diselesaikan. ''Yang beroda tidak takut lagi dengan hambatan dan robot soccer sudah sangat mengenal posisi bola,'' papar Herman.

Tri Yogi berharap, kontingen ITS dapat menyuguhkan penampilan yang maksimal pada pertandingan nanti. Dia pun berpesan agar semua anggota tim tetap optimistis dan berprasangka baik kepada Sang Pencipta. ''Tahun lalu kita sudah tampil baik, namun Allah belum mengizinkan. Mungkin saja tahun ini waktunya,'' pungkasnya.

Sebanyak 29 mahasiswa ITS yang melenggang ke Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk mengikuti KRN 2012. Mereka terbagi menjadi empat tim kelompok besar, yaitu Kontes Robot Indonesia (KRI), Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) beroda, KRCI Robo Soccer Humanoid League (RSHL), dan Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI).(mrg) (rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Mobil Dinas Presiden Rusia Bertenaga 800 Hp