Aturan Utama Kuliah Ke Luar Negeri

|

Image: Corbis

Aturan Utama Kuliah Ke Luar Negeri

PERTANYAAN, "Kuliah ke luar negeri atau tidak, ya?" kerap kali mampir di benak mahasiswa. Di jenjang mana pun kamu kuliah, kamu perlu mempertimbangkan kuliah di luar negeri. Pengalaman hidup yang akan kamu dapatkan sangatlah berharga.  

Pikirkan saja, kapan lagi kamu dapat "kabur" dari rutinitas di Tanah Air dan mencicipi kehidupan di negara asing untuk jangka waktu lama? Meski demikian, ada beberapa aturan yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan kuliah di negara orang. Simak daftarnya seperti dikutip dari Surviving College, Sabtu (30/6/2012).

Mengapa kuliah ke luar negeri?

Ketika mempertimbangkan untuk kuliah ke luar negeri, kita membayangkan aksen asing, tempat-tempat indah, dan kebudayaan yang berbeda. Di samping pengalaman, kuliah di luar negeri justru memberikanmu kesempatan untuk mempelajari banyak hal dengan berbagai cara baru.

Kuliah di luar negeri juga akan memberi nilai lebih pada curriculum vitaemu (CV). Pastikan kamu mengambil program studi yang spesifik dengan gelar sarjanamu. Pengalaman menuntut ilmu di negeri orang juga akan memberi gambaran kepada pihak HRD bahwa kamu mampu dan sukses beradaptasi dengan lingkungan baru.

Apa yang harus dilakukan sebelum pergi?

Sebelum memutuskan kuliah di luar negeri, lakukan riset mendalam tentang kampus dan negara tujuanmu. Kamu harus akrab dengan kebiasaan dan hukum yang berlaku di sana. Apa yang legal di Tanah Air, bisa jadi melawan hukum di negara lain.

Cari tahu daerah mana saja yang aman untuk kamu tinggali. Kamu juga mungkin mau bergabung dengan kelompok ekstrakurikuler sehingga kamu memiliki teman selama merantau.

Bebaskan dirimu dan bersenang-senang

Setelah kamu mengetahui akan mengambil kuliah apa, tinggal di mana, memahami budaya setempat, dan memiliki teman, bebaskan dirimu. Jangan buat dirimu tertekan. Kamu bisa hang out dengan teman-teman setelah menyelesaikan tugas.

Kamu bisa menggunakan waktu luangmu untuk mengeksplorasi kota dan budaya tempat perantauanmu. Jangan sia-siakan kesempatan sekali seumur hidup ini.

(rfa)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Jokowi Tunjuk Andi Widjajanto Sebagai Seskab