EVO UNY Siap Tempur di KMLI 2012

|

Foto : UNY

EVO UNY Siap Tempur di KMLI 2012

JAKARTA - Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) melalui tim Mobil Power Listrik (MPL) berhasil membuat mobil listrik generasi empat bernama Electric Vehicle Odyssey (EVO).  Mobil kreasi mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY ini akan beradu dalam Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI IV) 2012 besutan Politeknik Negeri Bandung (Polban).

Tim beranggotakan Onery Andy Saputra, Ahmad Yulianto, I Nyoman Agus Putra N, Wahyu Hidayat, Marda Eka H, Abri dan Yusron Mubarok di bawah bimbingan Bambang Sulistyo ini siap berlaga dalam ajang yang digelar pada 2-4 November 2012. Berlangsung di arena sirkuit balap Polban, KMLI IV  mengusung tema “Mobil Listrik Kendaraan Efisien dan Bebas Polusi.”

Mobil listrik EVO yang dihasilkan Tim UNY memiliki dimensi lebar 125 cm, panjang 180 cm, dan tinggi 100 cm dengan berat 150 kg. Mobil yang menggunakan empat buah baterai 12 V, 40 Ah ini memiliki sumber penggerak berupa dua buah dinamo DC tanpa sikat, dengan daya 4.500 Watt secara kontinyu dan secara sesaat mampu mencapai 5200 watt. EVO memiliki kecepatan maksimum 60 km/jam dengan jarak tempuh 45 km. Mobil yang  dibuat sejak Januari 2012 ini telah mengalami empat kali pengembangan. Demikian seperti dikutip dari laman UNY, Senin (2/7/2012).

Sebagai langkah awal untuk mengenalkan kepada publik, mobil EVO sempat dipamerkan dalam rangka kegiatan perayaan 60 tahun hubungan kerjasama Indonesia-Jerman di GOR UNY. Pengunjung pameran sangat antusias menyambut kehadiran mobil EVO hasil kreativitas mahasiswa UNY ini. Ke depan, diharapkan mobil ini dapat terus dikembangkan dan dimofikasi agar dapat mencapai persyaratan standarisasi untuk diproduksi secara massal. Hal yang terpenting, dalam jangka pendek, mobil ini dapat mencapai prestasi terbaik di ajang KMLI November mendatang.

KMLI IV memperlombakan lima kategori, yaitu uji tanjakan, uji percepatan (akselerasi), uji pengereman, adu balap, dan uji efisiensi. Kegiatan ini bertujuan untuk memicu kreativitas mahasiswa dalam pengembangan penggunaan energi listrik dalam sistem transportasi sebagai pengganti bahan bakar fosil. Sehingga diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan kesadaran akan lingkungan bersih yang berkelanjutan.(mrg)

(rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Setiap Hari, SAS Habisi Delapan Anggota ISIS