Warna-Warni Dunia Kampus

|

Image: Corbis

Warna-Warni Dunia Kampus

KAMU yang sedang menunggu pengumuman hasil Ujian Tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tentu berdebar-debar. Kegelisahan dan kecemasan yang sama juga mungkin dirasakan kamu yang kini menunggu masa perkuliahan. Akan seperti apa ya dunia kampus nanti?

Mandiri

Menjadi mahasiswa, berarti kamu juga siap belajar untuk mandiri, tidak hanya dalam kehidupan sehari-hari, tetapi juga dalam menjalani kegiatan perkuliahan. Kamu harus dapat mengatur jadwal kuliahmu, memilih mata kuliah yang harus kamu selesaikan lebih dahulu, menemui dosen wali untuk perencanaan studi, hingga mengurus berbagai administrasi di kampus.

Mandiri dalam perkuliahan juga berarti kamu harus tekun menyiapkan berbagai materi perkuliahan. Sebab, dosen di kelas tidak akan selalu menyuapimu dengan berbagai informasi, kamu diarahkan untuk aktif melakukan riset untuk memperkaya pengetahuanmu. Biasanya, di awal perkuliahan, dosen akan memberimu satuan acara perkuliahan (SAP) sebagai panduan mata kuliah yang diampunya. Di SAP ini, kamu akan menemukan jadwal pembahasan bab per bab, hingga buku-buku rujukan yang bisa kamu pakai.

Kamu harus mandiri juga dalam kehidupan sehari-hari, terutama kamu yang ngekos. Kamu harus belajar mengatur keuangan, merapikan kamar, mencuci baju, hingga membuat berbagai keputusan sendiri.

Sibuk

Tentu saja, menjadi mahasiswa akan jauh lebih sibuk ketimbang ketika kita sekolah. Tugas kuliah biasanya akan diberikan dosen setiap minggu, belum lagi tugas kelompok yang harus dikerjakan bersama teman-teman.

Kesibukanmu juga akan bertambah jika kamu bergabung dengan organisasi dan atau unit kegiatan mahasiswa (UKM) di kampus. Pulang kuliah, kamu akan mengikuti berbagai rapat kegiatan atau latihan rutin. Jika UKM-mu menjadi peserta sebuah lomba, maka kamu juga harus meluangkan waktu untuk latihan-latihan tambahan.

Tetapi, ingat ya, meski sibuk dengan berbagai kegiatan di luar kampus, kamu harus tetap menomorsatukan kuliah.

Ekstrakurikuler

Enggak jauh beda dengan sekolah, kampus juga dihiasi hiruk-pikuk kegiatan ekstrakurikuler. Biasanya, kampus menyediakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang dapat kamu pilih sesuai kegemaranmu seperti olahraga, seni, sains, dan pers mahasiswa.

Bergabung dengan UKM akan memberimu banyak manfaat. Selain menyehatkan secara fisik, jika kamu memilih UKM olahraga, kamu juga akan mendapatkan banyak teman dari berbagai fakultas. Menjadi anggota UKM juga akan melatihmu mengembangkan jejaring sosial.

Seru

Tidak hanya melalui kegiatan ekstrakurikuler, keseruan dunia kampus juga bisa kamu rasakan lewat berbagai kegiatan yang digelar segenap civitas academica. Kamu bisa memilih seminar, mengikuti diskusi, menonton konser, atau mengikuti berbagai lomba internal kampusmu.

Jika tidak berminat menjadi peserta, kamu bisa terlibat sebagai panitia penyelenggara berbagai acara tersebut. Siapa tahu, bakatmu menjadi event organizer (EO) akan terasah dan menjadi modal ketika kamu akan mendirikan perusahaan EO.

Kamu bisa juga seru-seruan dengan teman-teman dengan cara lain. Ketika libur kuliah dan kamu enggak mudik, kamu bisa berkumpul dengan teman-teman dan membuat acara, misalnya nonton bareng sambil barbekyu, atau merencanakan sebuah perjalanan singkat.

Nah, sudah siap kan jadi mahasiswa baru?

(rfa)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Penjelasan Esti si Pengunggah Foto Larangan Berjilbab BUMN