Kemen PU siapkan pelajar pelopor tata ruang

|

ilustrasi Foto: Koran Sindo

Kemen PU siapkan pelajar pelopor tata ruang

Sindonews.com - Kementerian Pekerjaan Umum tengah mempersiapkan para pelajar SMA di Indonesia sebagai pelopor dalam membantu penataan tata ruang di wilayah masing-masing guna mengendalikan kawasan agar bisa berkelanjutan.

Saat ini ada sekira 40 lebih siswa dari SMA seluruh Indonesia tengah mengikuti pelatihan pembentukan pelopor penataan ruang di Denpasar, Bali selama enam hari. Direktur Bina Program dan Kemitraan Dirjen Penataan Ruang Kementerian Pekerjaan Umum Rido Matari Ichwan, mengatakan para pelajar ini mengikuti program berkaitan penataan ruang kawasan.

"Diharapkan sekembalinya ke daerah masing-masing mereka bisa menerapkan apa yang diketahuinya tentang penataan ruang di sekolah atau di lingungannya," kata Rida di Denpasar, Senin (2/7/2012).

Diharapkan mereka memiliki gagasan untuk dapat memberikan pemahaman yang komprehensif dan kritis terhadap penyelenggaraan ruang kepada seluruh elemen masyarakat.

Inisiatif kegiatan tersebut, lanjutnya dilatarbelakangi permasalahan dan keterbatasan pemahaman penataan ruang yang kerap dipahami masyarakat secara parsial dan cenderung ego sektoral.

Selain itu, kader pelopor tata ruang ini bisa membentuk komunitas pelopor yang menggerakkan kualitas penyelenggaraan penataan ruang, penataan ruang berbasis masyarakat dan jejaring kepedulian serta alih pengetahuan tata ruang di tingat lokal, regional dan nasional.

Dipihak lain, problem tata ruang di Indonesia dihadapi sejak jaman kemerdekaan dimana masyarakat terlambat mengantisipasi perkembangan yang terjadi. Segala kaidah perimbangan antara ruang terbuka hijau dengan ruang kegiatan sosial ekonomi masyarakat menjadi bias dan sulit dilakukan.

"Kita tidak siap mengimbangi perkembangan dinamika masyarakat yang berkembang pesat sejak era tahun 1950 an sehingga penataan kawasan perkotaan dan pedesaan menjadi terlambat," imbuhnya.

Untuk itu, harapan kepada para generasi muda yang memiliki dasar pemahaman akan tata runag yang baik sedikit banyak akan mampu mengendalikan tingkat kerusakan yang terjadi di kawasan serta untuk menjaga keberlanjutannya ke depan.

(and)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Mengapa Tutut Bela Hakim Agung M. Saleh cs?