Jatah Jamkesda Habis, Rumah Sakit Tolak Pasien Miskin

|

Ilustrasi, kartu Jamkesmas

Jatah Jamkesda Habis, Rumah Sakit Tolak Pasien Miskin
MALANG- Habisnya jatah Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) membuat sejumlah rumah sakit menghentikan pelayanan kesehatan untuk orang miskin.

Salah satu rumah sakit yang menghentikan pelayanan untuk pasien Jamkesda, yakni RS Saiful Anwar, Malang, Jawa Timur. Akibat penghentian program tersebut, pasien Jamkesda ditolak berobat oleh pihak rumah sakit, Selasa (3/7/2012).

Pengumuman penghentian pelayanan Jamkesda dipasang sejak Senin 2 Juli lalu dan mengakibatkan antrean panjang pasien menumpuk di loket umum. Kebanyakan beralih menjadi pasien umum dengan membayar penuh.

Penolakan pelayanan ini seperti yang dialami oleh pasien asal Karangploso,  Kabupaten Malang. Akibat jatah Jamkesda habis, Wito terpaksa mengurungkan niatnya untuk dirawat di rumah sakit.

Sementara itu, untuk pasien yang membawa uang tidak masalah. Karena pasien bisa beralih mendaftar menjadi pasien umum dengan membayar penuh biaya pengobatan.

Direktur Rumah Sakit Saiful Anfar, Basuki Purnomo, mengatakan, penyebab penghentian layanan Jamkesda bagi pasien asal Kabupaten Malang, akibat kuota Jamkesda dari provinsi sudah habis. Apalagi Pemerintah Kabupaten Malang masih memiliki utang sebesar Rp6,7 miliar.

“Sampai saat ini belum jelas bagaimana cara pembayarannya,” kata Basuki saat dikonfirmasi wartawan.

Atas tunggakan tersebut, pihak Rumah Sakit Saiful Anwar mulai 1 Juli kemarin menghentikan pelayanan pasien Jamkesda, dan tetap memberikan layanan jika pasien beralih menjadi pasien umum atau membayar sendiri. (kem)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Cuaca Jakarta Bersahabat untuk Pergelaran Maraton