Diduga Terima Dana Asing, ICW Lacurkan Diri?

|

Poempida Hidayatullah/tengah (Foto: dok Okezone)

Diduga Terima Dana Asing, ICW Lacurkan Diri?

JAKARTA - Anggota komisi IX DPR Poempida Hidayatulloh menilai sikap LSM antikorupsi Indonesia Coruption Watch (ICW) yang diduga mendapatkan aliran dana asing dari Bloomberg Initiative, telah melacurkan diri.

"Apakah ICW yakin dana asing (Bloomberg Initiative) itu dana bersih, bukan hasil dari pencucian uang? Bagaimana ICW punya mekanisme mengecek bahwa dana asing itu mempunyai legitimasi. Jika kemudian pendana asing itu terindikasi atau terbukti mencuci uang, bagaimana ICW bisa mempertanggungjawabkannya?,” tanya Poempida dalam rilisnya, Kamis (5/7/2012).

Pendana asing, lanjut Poempida harus patuh pada aturan bahwa tidak boleh melakukan intervensi kebijakan. "Nah, inikan dampaknya sudah banyak digunakan untuk mempengaruhi kebijakan," tuturnya.

Menurutnya, agenda asing seperti ini dinilai sangat berbahaya untuk kedaulatan NKRI. “Apa bedanya kita dengan jaman dulu, kalau kita melacurkan diri pada asing,” tegas Politikus Partai Golkar ini.

Sebelumnya, ICW diduga menerima dana asing (Bloomberg Initiative) untuk program free kids control di Indonesia. Hal itu menjadi pertanyaan karena program free kids control tidak sesuai bidang yang ditangani oleh ICW yang bergerak di bidang pencegahan korupsi. Kemitraan antara ICW dan Bloomberg Initiative pun dipertanyakan.

Hal tersebut dikhawatirkan akan mempengaruhi pembuatan regulasi di sektor tembakau dan rokok. Seharusnya, ICW fokus pada lembaga-lembaga pembuat kebijakan, termasuk pembuat regulasi di bidang rokok yang menerima dana dari asing termasuk Bloomberg Initiative.

(sus)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Ketua MPR: Menteri Rini Tak Usah Jual Aset Negara!