Indonesia Patut Waspada terhadap Hibah Australia

JAKARTA - Pemerintah Indonesia patut waspada terhadap hibah pesawat Hercules tipe C 130 dari Australia. Musababnya, bisa jadi ada muatan lain dibalik pemberian pesawat tersebut.
 
Pengamat militer, Jaleswari Pramodhawardani, mengatakan Indonesia harus berhati-hati dalam menyikapi hibah dari Australia. Dia menegaskan, seharusnya DPR harus ikut dilibatkan. "Pengawasan berlapis penting, karena ini menyangkut negara," jelas Jaleswari usai diskusi di Gedung DPD RI, Jakarta, Jumat (6/7/2012).
 
Jaleswari khawatir akan ada persoalan utang dan balas budi. Namun, yang terpenting baginya adalah pembangunan kekuatan pertahanan Indonesia.
 
"Karena saya melihat kondisi Alutsista Indonesia memang minim, dan kemudian teknologinya minim. Ini juga seharusnya menjadi jawaban bagi kita. Apakah kita memutuskan untuk membeli atau menerima hibah," paparnya.
 
Terkait biaya yang akan dikeluarkan jika menerima hibah tersebut, Wakil Ketua Komisi I DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, TB Hasanuddin, mengungkapkan harga perbaikan pesawat hibah dengan pesawat yang baru sama saja. Pesawat hibah membutuhkan dana perbaikan sebesar USD15 juta per unitnya atau USD60 juta untuk empat pesawat yang akan dihibahkan Australia.
 
Diterangkan politisi PDI Perjuangan tersebut dengan uang USD150 juta sebaiknya Indonesia membeli saja lima buah Hercules baru. "Dengan pesawat baru kita mampu menghemat biaya pemeliharaan dan jumlah jam terbang yang banyak serta aman dipakainya. Menurut informasi Indonesia juga ditawari belasan pesawat F5 (sudah di-grounded) dari Korea Selatan," simpul Hasanudin.
 
Hasanudin mengaku, hibah-hibah seperti ini  sangat tidak efisien dan pada akhirnya hanya akan menjadi beban untuk TNI. Jika kita melihat puluhan kapal tempur yang diterima Indonesia dari belak AL  Jerman Timur, ujung-ujungnya hanya menjadi beban saja dan tak memperkuat sedikitpun kekuatan AL Indonesia.
(ful)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Mayat dengan Tubuh Hancur Gegerkan Warga