Selundupkan 1,1 Kg Narkoba Bule Aussie Dituntut 15 Tahun Bui

|

Ilustrasi

Selundupkan 1,1 Kg Narkoba Bule Aussie Dituntut 15 Tahun Bui

DENPASAR - Jaksa menuntut Edward Norman Myatt (54), pria warga negara Australia, dengan pidana penjara 15 tahun karena bersalah menyelundupkan sabu dan hasis seberat 1,1 kilogram ke Bali. Tuntutan Jaksa, Gusti Putu Atmaja, dibacakan di hadapan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Denpasar, Rabu (11/7/012).

Dalam tuntutannya, Atmaja menyatakan, terdakwa terbukti bersalah telah mengimpor narkotika golongan I sebagaimana diatur dalam Pasal 113 ayat 2 UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. "Juga menjatuhkan denda Rp2 miliar dan jika tidak dibayar maka hukuman terdakwa ditambah enam bulan," katanya dalam persidangna.

Atas tuntutan itu, Myatt menyatakan keberatan dan langsung mengajukan pledoi atau pembelaan. "Kami meminta agar majelis hakim dapat menjatuhkan hukuman yang seringan-ringanya," kata Nyoman Gede Sudiantara, kuasa hukum Myatt.

Usai tanggapan terdakwa, hakim memutuskan sidang akan dilanjutkan pada 23 Juli dengan agenda pembacaan putusan.

Sebagaimana diuraikan dalam tuntutan jaksa, perbuatan yang menggiring Myatt ke Meja Hijau berawal saat penangkapannya di Bandara Ngurah Rai. Begitu tiba dari pesawat Thai Airways, TG 431, di bandara Ngurah Rai, Bali, 27 Februari lalu, petugas Bea Cukai langsung melakukan pemeriksaan mendalam.

Hasilnya, ditemukan 72 kapsul berisi narkotika jenis hasis dan sabu seberat 1.111 gram brutto yang ditelan di perut. Pria yang tinggal di London dan bekerja sebagai penata rambut itu mengaku membeli 1 kilogram hasis dan lima  gram sabu dari seseorang bernama Steve dengan harga USD 1.250.

(ris)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Pengamat: SBY Harus Beri Kesempatan Kader Muda