Terbentuknya Partai Demokrat

|

Lambang Partai Demokrat (Foto: Googleimages)

Terbentuknya Partai Demokrat

Terbentuknya Amerika Serikat (AS) sebagai negara baru setelah lepas dari Inggris, tentunya membuat terbentuknya partai politik. Partai Demokrat merupakan salah satu dari dua partai lama yang masih bertahan hingga saat ini.

Pada sejarahnya, Partai Demokrat terbentuk pada 1792 dari faksi anti-Federalis yang menentang kebijakan fiskal yang dikeluarkan Alexander Hamilton, selama dirinya menjabat sebagai Menteri Keuangan AS di era Presiden George Washington.

Thomas Jefferson dan James Madison memimpin faksi ini hingga membentuk Partai Demokratik-Republik. Partai pimpinan Jefferson tersebut memegang teguh konstitusi. Selain itu, mereka juga menolak pembentukan bank nasional serta kehadiran pihak berkepentingan yang menggunakan kekayaan.

Setelah terjadinya perang 1812 antara AS dan Inggris, lawan utama dari Demokrat, Partai Federalis, membubarkan diri. Saat itu pihak Demokratik-Republik pun terpisah antara dua kubu yang menginginkan Presiden James Monroe terpilih kembali sebagai presiden dengan kubu yang menolaknya.

Faksi yang menolak ini sebagian besar masih memegang teguh prinsip politik Thomas Jefferson. Dipimpin oleh Andrew Jackson dan Martin Van Buren, kelompok tersebut membentuk Partai Demokrat. Dan memilih Andrew Jackson sebagai presiden pertama dari Partai Demokrat pada 1828.

Bersama dengan Partai Whig, Demokrat menjadi partai utama di AS hingga pecahnya perang saudara yang dimulai pada 12 April 1861. Partai Whig kerap memicu isu perbudakan yang menjadi pertentangan.

Usai Perang Meksiko-Amerika, Partai Whig pun tidak menampakkan tajinya. Pada 1850, gerakan anti-perbudakan makin merebak dan menekan sebagian besar anggota Partai Demokrat.

Keputusan penerbitan Undang-Undang Perbudakan dan Kansas-Nebraska Act yang mengurus tentang perbudakan itu mengakibatkan anggota Partai Demokrat yang anti-perbudakan memutuskan untuk keluar dari partai.

Hingga pada 1854, mantan anggota Partai Demokrat yang anti-perbudakan membentuk sebuah partai baru, yakni Partai Republik. Keduanya pun hingga saat ini menjadi dua partai utama yang bergantian berkuasa di Negeri Paman Sam.

(faj)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    • Sejarah

      Sejarah Kelam Upacara Inagurasi Presiden AS

      Upacara Inagurasi Presiden Amerika Serikat (AS) ternyata tidak selamanya tentang kemeriahan pesta dan parade. Ada saat dalam sejarah AS dimana upacara inagurasi jutsru menjadi ajang terjadinya kekacauan dan kerusuhan.

    • Sejarah

      31 Tahun Protes Damai Berlangsung di Depan Gedung Putih

      Protes menjadi salah satu cara dari seseorang atau kelompok untuk menyuarakan ketidaksetujuannya atas suatu masalah. Tetapi bila protes itu berlangsung selama 31 tahun, apakah membuktikan aksi protes gagal menyampaikan keluhan?

    • Sejarah

      AS Terseret Lagi ke Perang Dunia

      Amerika Serikat (AS) tidak dapat menghadapi perang yang muncul di dua wilayah besar, konsentrasi utama AS adalah menghabisi Jerman. Meski demikian, AS menggunakan Australia sebagai basis militernya untuk mengalahkan Jepang.

    • Sejarah

      Kebijakan Luar Negeri AS Ala Roosevelt

      Pemerintah AS yang berada di bawah Franklin D Roosevelt mengadopsi prinsip nonintervensi. Hal ini dicetuskan Roosevelt seiring dengan makin rentannya keamanan di Eropa karena kekuatan fasis seperti di Jerman.

    • Sejarah

      Amerika Serikat Masuki Depresi Besar

      Depresi Besar atau yang sering disebut dengan istilah zaman malaise adalah peristiwa penurunan tingkat perekonomian secara dramatis di seluruh dunia, pada 1929. Kondisi pasar mulai kacau, dan inilah depresi terburuk yang ada di sejarah AS.

    • Sejarah

      Woodrow Wilson & Liga Bangsa-Bangsa

      Di bawah kesepakatan gencatan senjata, salah satu hal yang ditekankan oleh Presiden AS Woodrow Wilson adalah perdamaian dengan Jerman beserta aliansinya.

    • Sejarah

      Netralitas AS Dalam Perang Dunia

      Ketika Perang Dunia pecah, Presiden AS Woodrow Wilson langsung mengumumkan bahwa dirinya tidak akan menyeret negaranya dalam Perang Dunia dan menyerukan warga AS untuk tidak memihak dalam menyikapi perang tersebut.

    • Sejarah

      Awal Dari Perang Dunia

      Tepat pada 28 Juni 1914, kelompok militan berhaluan nasionalis Serbia yang dipimpin oleh Gavrilo Princip membunuh pewaris tahta kekaisaran Austria-Hongaria, Pangeran Franz Ferdinand von Hasburg.

    • Sejarah

      Perang Saudara Warnai Sejarah AS

      Pada era 1840 hingga 1850-an, wilayah utara dan selatan Amerika Serikat (AS) saling membenci satu sama lain. Kedua wilayah memiliki perbedaan segi ekonomi. Wilayah utara menggerakan ekonominya dengan mengandalkan sektor industri.

    • Sejarah

      Partai Republik Hadir Saingi Demokrat

      Pada dasarnya, Partai Republik hadir dari akar partai yang sama dengan Partai Demokrat. Kedua berasal dari Partai Demokratik-Republik bentukan Thomas Jefferson pada 1792.

    Baca Juga

    Jalin Keakraban dengan Aksi Bersih Gunung Anak Krakatau