KPK: Sistem Penganggaran Proyek Hambalang Aneh

Jum'at, 13 Juli 2012 12:19 wib | Mustholih - Okezone

KPK: Sistem Penganggaran Proyek Hambalang Aneh Foto: Okezone PANDEGLANG - Komisi Pemberantasan Korupsi menemukan kejanggalan pada sistem penganggaran pembangunan sport centre Hambalang di Kementerian Pemuda dan Olahraga.

"Ada keanehan. Jelas dari Rp100 miliar jadi Rp200 miliar lalu berubah jadi Rp1,2 triliun," kata Wakil Ketua KPK, Busyro Muqoddas, di Pandeglang, Kamis (13/7/2012).

Setelah itu, kata Busyro, anggaran Hambalang membengkak menjadi Rp2,5 triliun. Menurut Busyro, yang mengherankan Menteri Andi Mallarangeng meminta dana tambahan ke Komisi X DPR untuk meneruskan proyek Hambalang yang tertunda akibat longsor.

"Dan menjadi aneh lagi, ketika menterinya (Andi Mallarangeng) di Komisi X mengatakan akan diteruskan dengan minta tambahan dana," tandas Busyro.

Dia menduga ada kemungkinan terjadi korupsi di proyek Hambalang. Proyek Hambalang pertama kali dibeberkan oleh mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin. Di proyek tersebut, dia menyebut terdapat kejanggalan pembangunan senilai lebih dari Rp1,5 Triliun.

KPK mulai menyelidiki dugaan korupsi tersebut, sejak Agustus 2011 lalu. KPK sendiri hingga kini sudah empat kali mengekspos Hambalang. Namun, belum ada tanda-tanda status kasus Hambalang akan beranjak ke penuntutan. (sus)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »