Ospek Ajang untuk Mencari Teman

|

Ilustrasi : Corbis

Ospek Ajang untuk Mencari Teman

MEMASUKI lingkungan baru mengharuskan kita menyesuaikan diri dengan kondisi sekitar. Demikian pula mahasiswa baru (maba) dalam menghadapi dunia perkuliahan. Selain sistem dan mekanisme perkuliahan, kehidupan sosial juga menjadi kendala bagi maba, khususnya dalam menjalin pertemanan.

Hal ini pula yang dialami Zahra, mahasiswa jurusan Ekonomi Universitas Trisakti. Dia mengaku kesulitan mendapatkan teman ketika menjadi maba pada 2010. "Yang paling membingungkan itu saat menjadi maba. Saat itu saya tidak punya teman," ujar Zahra saat dihubungi dengan Okezone, Selasa (17/7/2012).

Kesulitan mendapat teman ketika memasuki dunia baru ternyata dianggap wajar oleh psikolog Rose Mini atau yang akrab disapa Bunda Romi. "Kesulitan seorang anak untuk menemukan teman yang tepat adalah hal yang wajar. Apalagi di lingkungan yang baru pula," tutur Bunda Romi.

Menurut Bunda Romi, masa orientasi dapat menjadi jawaban bagi maba untuk beradaptasi dan menemukan teman di dunia kampus. "Semua butuh adaptasi pastinya, hanya saja hal itu tidak berlanjut lama. Pastinya nanti akan ada masa orientasi untuk mereka mengenal lebih jauh masing-masing teman," paparnya.

Dia menyebutkan, tidak semua anak akan segera mampu beradaptasi pada masa orientasi. "Kesulitan ini tidak akan menjadi masalah yang rumit jika penyelenggaraan masa orientasi berjalan dengan baik. Tetapi yang menjadi masalah memang ada saja anak-anak yang memiliki tingkat kepercayaan diri yang rendah. Anak ini memang akan kesulItan mencari teman," ungkap Bunda Romi.

Namun, lanjutnya, adaptasi tidak hanya diperlukan untuk segera mendapatkan teman di lingkungan baru. Bunda Romi menilai, adaptasi juga dibutuhkan di berbagai aspek perkuliahan. "Adaptasi tidak hanya kepada teman, tapi dia akan beradaptasi di lingkungan kampus seperti perpustakaan dan sebagainya yang akan memudahkannya mendapatkan informasi selain dari teman," imbuhnya.

(mrg)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Marwan Ja'far Keluarkan Lima Peraturan Perdesaan