Ancaman Ical Bukan Level JK

|

Jusuf Kalla (Foto: Koran Sindo)

Ancaman Ical Bukan Level JK

JAKARTA - Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie (Ical), mengancam akan memberhentikan kadernya jika mencalonkan diri sebagai presiden yang diusung oleh partai politik lain. Hal itu juga dibenarkan oleh Ketua DPP Partai Golkar Hajriyanto Tohari.

Yang mengejutkan adalah ancaman pemecatan tersebut juga seakan tertuju pada mantan Ketua Umum Partai Golkar Jusuf Kalla (JK). Pasalnya, JK yang juga mantan wakil presiden tersebut dikabarkan telah diincar oleh beberapa partai untuk diusung dalam Pilpres 2014 mendatang.

"Dalam AD/ART disebutkan bahwa anggota Partai Golkar itu berhenti karena meninggal dunia, mengundurkan diri dan diberhentikan. Diberhentikan itu ada beberapa syarat. Salah satunya adalah tidak mentaati keputusan munas dan rapimnas," ujarnya kepada wartawan di DPR, Jakarta, Rabu (18/7/2012).

Dalam peraturan yang lama, kata dia, terdapat mekanisme tata urut proses dimana pihak yang bersangkutan diberikan kesempatan untuk melakukan pembelaan diri dalam sebuah forum untuk memberikan penjelasan.

Namun, sambung Hajriyanto, dalam Rapimnas Partai Golkar beberapa waktu lalu dibuat keputusan baru dimana proses itu lebih dipertegas.

"Tidak menggunakan forum dimana yang bersangkutan dapat menyampaikan pembelaan terhadap keputusan itu. Keptusan itu bisa diambil begitu saja oleh DPP," sambung Wakil Ketua MPR ini.

Sementara itu, saat dikonfirmasi terkait hal ini, JK terkesan tenang, santai, dan bahkan tidak terlalu serius untuk menanggapinya. Hajriyanto berpendapat sangat wajar jika JK sangat tenang dalam menyikapi hal itu.

"Saya rasa untuk tokoh sekaliber Pak JK kan sudah tokoh nasional, tokoh bangsa, dan karena itu untuk seorang dengan kapabilitas Pak JK itu sudah lintas partai. Jadi wajar sekali kalau Pak JK itu tidak terlalu serius menanggapi ancaman sanksi tersebut," pungkasnya.

(lam)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Foto Porno Siswi SMK Gegerkan DIY