Warna-Warni Puasa di Kampus

|

Foto: survivingcollege.com

Warna-Warni Puasa di Kampus
JAKARTA - Berpuasa di kampus adalah sesuatu yang tidak ada habisnya jika diceritakan. Menjalankan kegiatan kampus sambil menahan hawa nafsu, termasuk menahan lapar, terasa begitu yang berbeda dari perkuliahan biasanya. Teman-teman dari beberapa kampus ternyata memiliki kisah berbeda-beda tentang pengalaman berpuasa mereka.

Retno Setyasti, misalnya, pernah menjalani ospek sewaktu bulan puasa. Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) ini mengaku kelelahan saat mengikuti ospek di bulan puasa. "Apalagi saya anak rantau, jadi dari sahur sampai buka puasa sendirian, deh," ujar Retno kepada Okezone saat dihubungi lewat telepon genggam (handphone), Jumat (20/7/2012).

Cerita lain datang dari Agnes Prawiro. Dia bercerita, bulan puasa tahun lalu dilewati dengan suasana yang berbeda. "Bagaimana tidak, sehabis sahur langsung siap-siap berangkat ke kampus dengan membawa atribut ospek enggak jelas pula," kata mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) ini.

Meski lelah saat harus menjalani ospek sambil berpuasa, Agnes mengaku, tetap semangat karena menjalaninya bersama dengan teman-teman satu angkatan. "Waktu juga jadi terasa berjalan dengan cepat," imbuhnya.

Bagi Arif Budiyono, berpuasa bukanlah alasan untuk bermalas-malasan.   Menurut mahasiswa jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Jakarta (UNJ) ini, puasa saat kuliah bukanlah masalah. Lapar dan ngantuk, kata Arif, tidak akan terasa jika kegiatan perkuliahan terus berjalan.

"Hanya saja, masalah datang ketika teman-teman kampus mengajak berbuat iseng, yang bisa membuat puasa batal," ujar mahasiswa berjenggot tipis ini sambil tertawa kecil.

Ibadah puasa memang mengundang banyak cerita, termasuk bagi mahasiswa yang tetap harus menjalani perkuliahan. Tantangan demi tantangan akan banyak kita hadapi, tentunya diimbangi dengan kegiatan yang membuat puasa kita semakin bermakna. (rfa)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Try Sutrisno Batal Jenguk Habibie