Pecat JK, "Partai Beringin" Bakal Jadi Bonsai

|

Jusuf Kalla (Foto:Daylife)

Pecat JK,

JAKARTA- Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie menegaskan akan memecat kadernya yang maju sebagai calon presiden dari partai politik lain pada 2014 mendatang. Ancaman Golkar itu secara tidak langsung ditujukan untuk kadernya Jusuf Kalla (JK) yang digadang-gadang akan maju di pemilihan presiden 2014 melalui partai politik lain.

Terkait hal itu, pengamat politik AS Hikam mengungkapkan, bila Golkar memecat Jusuf Kalla maka hal itu akan sangat merugikan partai berlambang pohon beringin tersebut. “Pemecatan itu sangat merugikan Golkar karena simpatisan JK yang die hard masih banyak di dalam Golkar mulai dari tingkat bawah dan atas,” kata mantan Menteri Riset dan Teknologi itu saat berbincang dengan okezone, Sabtu (21/7/2012).

Kata Hikam, bisa saja partai beringin itu rontok, dan menjadi Bonsai. Pasalnya, pemecatan itu akan menambah masalah baru di Golkar. “Persoalan pencalonan Ical tentunya akan dimunculkan lagi, dan dipertanyakan banyak orang, belum lagi soal lain seperti kasus kekalahan di pemilukada DKI Jakarta, pemecatan itu malah menambah kerjaan saja,” kata Hikam.

Menurut Hikam sebaiknya, bila JK mencalonkan diri sebagai presiden, Golkar tidak perlu memecatnya. “Ketika 2004, saat capres zaman pak SBY itu kan sudah terjadi, Golkar tak memecat JK,” katanya.

Kerugian lain yang akan dihadapi Golkar bila memecat JK, kata Hikam ialah, merosotnya suara Ical di kantong-kantong suara yang selama ini menjadi basis masa JK. “Suara Ical hampir dipastikan rontok di wilayah Timur seperti Sulawesi Selatan, dan juga wilayah Sumatera Barat, atau Jawa Barat, JK itu masih memiliki gerbong. Saya sepakat dengan politikus Golkar, Yoris Raweyai yang menyatakan bila Golkar memecat JK, maka Partai akan berantakan,” katanya.

(ugo)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Abraham Curhat Kekurangan Pasukan Pemberantas Korupsi