UGM Gagas Karnaval Riset Kampus

|

Image: Corbis

UGM Gagas Karnaval Riset Kampus

YOGYAKARTA – Untuk meningkatkan kualitas DIY sebagai kawasan pendidikan, Universitas Gadjah Mada (UGM) menggagas Karnaval Riset Perguruan Tinggi se-DIY. Karnaval tersebut akan memamerkan hasil riset unggulan masing-masing  universitas atau perguruan tinggi (PT).

"Selain ingin mempromosikan hasil riset perguruan tinggi pada masyarakat luas agar mereka lebih mengenal apa saja karya perguruan tinggi, kegiatan ini juga bertujuan menarik minat wisatawan berkunjung ke Yogyakarta," kata Wakil Rektor UGM Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Suratman saat penutupan Research Week & Innovation Expo 2012, kemarin.

Ditemui di Grha Sabha Pramana UGM kemarin, Suratman bertutur, rencananya karnaval riset dilaksanakan mulai tahun depan sebagai bentuk pengembangan program Research Week yang rutin dilaksanakan UGM setiap tahun. Demi menambah minat masyarakat, pihaknya bakal melibatkan perguruan tinggi di luar UGM melalui konsorsium perguruan tinggi.

"Rencananya kami juga menggandeng Dinas Pendidikan DIY dan Kopertis DIY. Tentu untuk menambah citra DIY sebagai kota pendidikan serta menggerakkan pamor pendidikan," kata Suratman.

Pameran hasil riset seluruh PT se-DIY tersebut nantinya, ujar dia, tidak hanya berbasis penelitian tapi juga ditambah hasil pengabdian kepada masyarakat. Berbagai temuan yang sifatnya sosial dan budaya juga perlu dipamerkan supaya kemanfaatannya makin dirasakan oleh masyarakat. "Yang tidak kalah penting, pameran riset tidak hanya dipamerkan dalam sebuah  gedung. Ada baiknya seperti acara sebuah karnaval yang diarak keliling untuk disaksikan masyarakat banyak," katanya lagi.

Koordinator UGM Research Week 2012, Harno Dwi Pranowo bertutur, kegiatan Research Week tahun ini berhasil menyedot perhatian masyarakat hingga 15.373 pengunjung dalam tujuh hari penyelenggaraan. Pameran riset kali ini diikuti 18 fakultas, 27 pusat studi, 15 unit kerja di lingkungan UGM, dan 25 UMKM di DIY. "Telah terselenggaranya Research Week tahun ini diharapkan mampu memberikan penyegaran ide dan inovasi, pengembangan sumber daya manusia yang inovatif bagi dunia usaha dan industri," harap Harno.

Pada penutupan Research Week 2012, diumumkan pemenang kategori stan fakultas atau pusat studi terbaik. Untuk stan terbaik I diraih Pusat Studi Jepang diikuti stan Kebun Pendidikan, Penelitian dan Percobaan Pertanian dan Fakultas Teknologi Pertanian sebagai stand terbaik II dan III. Sedangkan untuk stan UMKM terbaik diraih oleh Erisa Batik, Puzzle Iq dan Topo Batik sebagai pemenang stan terbaik I, II dan III.  (ratih keswara/koran si)

(rfa)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Nissan GT-R Edisi Ultah Dirilis Februari 2015