Peminat Ujian Mandiri Undip Turun

|

Ilustrasi: ist.

Peminat Ujian Mandiri Undip Turun

SEMARANG - Rektor Universitas Diponegoro (Undip), Semarang, Sudharto P Hadi mengungkap, jumlah peserta ujian mandiri (UM) tahun ini mengalami penurunan dibandingkan 2011. Penurunan peserta diperkirakan sekira 1.000 orang.

"Ada beberapa faktor yang mempengaruhinya, antara lain banyaknya perguruan tinggi kedinasan yang juga bersama-sama membuka penerimaan mahasiswa baru. Sebagian calon mahasiswa memilihnya tersebut karena bisa langsung bekerja,” ujarnya di sela-sela pemantauan ujian di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Kampus Undip Tembalang, kemarin.

Sudharto menyebut, jumlah peserta tahun ini mencapai 14.944 orang yang terdiri dari 7.895 peserta untuk IPA, 4.750 peserta IPS, 1.893 peserta IPC, dan 406 peserta untuk tes lanjutan D-3. Dari total peserta UM kali ini, lanjut dia, jumlah yang akan diterima Undip hanyalah 3.734 orang. Dia juga memastikan uang kuliah bagi mahasiswa baru di Undip turun 10–20 persen dari tiap-tiap program studi.

"Undip telah memperoleh bantuan operasional perguruan tinggi negeri (BOPTN) sebesar Rp49 miliar," tuturnya.

Kepala Humas Undip Agus Naryoso menambahkan, pelaksanaan UM kali ini tidak hanya dilakukan di Semarang. Namun juga digelar di 13 kota besar lainnya di seluruh Nusantara. Di antaranya, Jakarta, Bandung, Bekasi, Surabaya, Lampung, Pekanbaru, Medan, Balikpapan, Pangkalan Bun, Lamandau, Denpasar, Makassar, dan Batam. (susilo himawan/koran si)

(rfa)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Jokowi Bantu Rp260 Juta untuk Eks Timor-Timur