Tips Mendaftar Kuliah di AS

|

Image: Corbis

Tips Mendaftar Kuliah di AS

PELAJAR internasional yang memiliki impian berkuliah di luar negeri, termasuk Amerika Serikat (AS), sebaiknya mendaftar sejak awal masa pendaftaran dibuka. Selain memberi kita lebih banyak waktu untuk mempersiapkan seluruh persyaratan, mendaftar lebih awal juga akan memberi kita kesempatan untuk mempertimbangkan berbagai pilihan kampus lainnya.

Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan ketika akan mendaftar ke kampus AS, seperti dinukil dari Scholarship Position, Kamis (26/7/2012):

1. Pelajar internasional perlu mengetahui bahwa pendidikan di AS tidak tersentralisasi. Ini berarti, pola dan syarat pendaftaran di tiap institusi pendidikan dan wilayah berbeda.

2. Jika dibutuhkan, beritahukan kepada pihak kampus bahwa kita membutuhkan bantuan finansial.

3. Tekankan alasan kita ingin menempuh studi di AS dan mengapa kampus tujuan harus memilih kita.

4. Prestasi akademik yang baik tidaklah cukup, harus "memperkaya" diri dengan segudang aktivitas ekstrakurikuler lainnya seperti menjadi relawan, dan menjadi musikus.

5. Hasil SAT akan menentukan nasib kita dalam proses pendaftaran kuliah di AS. SAT merupakan cara institusi pendidikan di AS mengetahui posisi akademik para pelajar internasional sesuai standar yang berlaku di sana. Tidak hanya itu, kemampuan berbahasa Inggris juga menjadi pertimbangan utama yang dibuktikan dengan nilai TOEFL dan atau IELTS.

6. Terakhir, terlepas dari apakah kita melamar untuk beasiswa atau hanya agar masuk ke kampus mana pun di AS, sebaiknya melamar ke berbagai kampus. Sebab, melamar hanya ke satu kampus prestisius tidak akan menjamin akan diterima.

(rfa)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    AHM Matangkan Rencana Ekspor Motor