Liburan Juga Perlu Prioritas

|

Image: Surviving College

Liburan Juga Perlu Prioritas
TAMPAKNYA memang menyenangkan memiliki dua bulan untuk liburan. Tetapi ketika memasuki pertengahan masa liburan, kebosanan pun kerap melanda. Untuk mengatasinya, kita sebaiknya membuat prioritas saat liburan. Dengan demikian, kebosanan pun tidak akan menghampiri.

Pertama-tama, kita sebaiknya tidak melihat liburan sebagai masa ketika kita bisa melakukan apa pun dan bersenang-senang dengan bebas. Coba cek kembali, apakah kalender liburan kita dipadati berbagai janji hingga masa liburan usai? Jika janji-janji liburan hanya penuh di awal masa liburan, maka bisa dipastikan masa akhir liburan kita akan membosankan.

Faktor lainnya, tentu saja urusan kocek. Bagi sebagian mahasiswa, liburan juga berarti penghentian uang jajan sementara. Karena itu, sering kali kita menolak ajakan hang out dari teman-teman karena keuangan menipis. Akibatnya, rasa bosan pun menyergap.

Meski begitu, ada juga tipe orang yang senang menyibukkan diri selama liburan dengan berbagai kegiatan organisasi. Mahasiswa yang termasuk dalam tipe ini biasanya tetap mencoba eksis meski kampus sedang libur.

Sayang sekali jika liburan yang seharusnya bisa dijadikan momen menyenangkan justru berujung membosankan. Menyitir Surviving College, Senin (30/7/2012), ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat ingin memilih kegiatan atau acara untuk mengisi liburan.

1. Mengapa saya ingin melakukan hal ini?
2. Apa kegiatan tersebut akan berguna bagi hidup saya?
3. Apakah saya perlu pengorbanan untuk menyelesaikan kegiatan ini?
4. Berapa banyak persiapan yang harus dilakukan untuk menjalankan kegiatan ini?
5. Apakah saya memiliki alasan untuk keluar dari kegiatan ini?

Lima pertanyaan di atas akan membantu kita untuk memilih kegiatan apa yang paling cocok untuk mengisi liburan. Tidak hanya itu, kita juga akan mengetahui apakah kita benar-benar ingin mengikuti kegiatan tersebut atau hanya sebagai pengisi waktu luang. Hasilnya, kita akan menjalani liburan dengan menyenangkan. Tentunya dengan segudang pengalaman, tidak hanya sebagai kegiatan buang waktu. (rfa)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    JK Hadiri Peringatan Tahun Baru Hijriah di GBK