Ratusan Mahasiswa Asing Ajukan Izin Tinggal di Depok

Image: Corbis

Ratusan Mahasiswa Asing Ajukan Izin Tinggal di Depok
DEPOK – Ratusan mahasiswa dari negara asing mengajukan izin tinggal di kota Depok. Kantor Imigrasi Kota Depok mencatat, hampir 80 persen orang asing yang datang ke Kota Depok berstatus mahasiswa.

Kepala Seksi Lalu Lintas Status dan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kota Depok, Ahmad Zaini berkata, kebanyakan dari para mahasiswa asing ini kuliah di kampus Universitas Indonesia (UI).  Untuk bulan ini saja, kata Zaini, terdapat 65 mahasiswa asing mengajukan izin tinggal. Sebanyak 25 siswa berasal dari Korea, 13 dari Jepang, dan sisanya dari negara-negara lain.

"Dari Januari sampai sekarang jumlahnya mencapai 387 mahasiswa. Sisanya mereka yang bekerja dan ikut keluarga," kata Zaini kepada wartawan, kemarin.

Zaini menilai dipilihnya Kota Depok sebagai kota tujuan pendidikan karena dua negara besar di Asia, seperti Korea Selatan dan Jepang, memiliki kerjasama dengan UI. Secara kebetulan, ungkap dia, lokasi kampus UI berada di Kota Depok. "Kalau tidak salah, mahasiswa-mahasiswa yang datang ke Indonesia kebanyakan memperdalam jurusan sastra," ujarnya.

Dalam tempo tujuh bulan saja, 542 orang asing mengajukan izin tinggal di Kota Depok. Mereka terdiri dari mahasiswa, pekerja, dan keluarga pekerja.  Kebanyakan orang asing tersebut berasal dari Korea dan Jepang. (rfa)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Bantuan PBB untuk Suriah Tertahan Perang di Kobani