Pemilihan Sembilan Dekan UI Segera Dilakukan

|

Ilustrasi: ist.

Pemilihan Sembilan Dekan UI Segera Dilakukan

DEPOK - Rektor Universitas Indonesia (UI) Gumilar Rosliwa Somantri bersiap memilih sembilan dekan di lingkungan kampus UI yang telah habis masa jabatannya.

Kepala Kantor Komunikasi UI, Siane Indriani, menyatakan, kesembilan dekan tersebut telah habis masa jabatannya pada Februari hingga April 2012. Jabatan mereka kemudian diperpanjang oleh Gumilar. Namun, pada 27 Juli lalu, Gumilar menerima surat dari Majelis Wali Amanat (MWA) yang isinya meminta agar melakukan pemilihan dekan bagi semua dekan yang telah habis masa jabatannya.

"Jabatan dekan kemudian diemban oleh wakil dekan sebagai pejabat sementara (Pjs), yang bertugas untuk melakukan pemilihan dekan baru," kata Siane, Rabu (1/8/2012).

Sebelumnya, kata Siane, dari sembilan dekan tersebut, Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Ratna Sitompul lebih dulu habis masa jabatannya pada April 2012. "MWA meminta diberlakukan hal yang sama. Kalau dekan FK tidak diperpanjang maka berlaku pula untuk dekan lainnya. Maka ditunjuklah PJS dekan yaitu wakil dekan," imbuhnya.

Menurut Siane, seluruh fakultas yang masa jabatan dekannya berakhir, diminta segera melakukan pemilihan dekan baru sesuai dengan hasil rapat MWA pada 26 Juli 2012. Pemilihan dekan, sambung dia, harus berjalan secara demokratis, netral, obyektif dan adil.

"Pada proses pemilihan ini tidak terdapat pihak-pihak tertentu yang dituduh menggunakan jabatan untuk terpilih kembali dalam pemilihan dekan atau kegiatan pemilihan lain di universitas," ujar Siane.

Ketua MWA UI Said Agil Siroj bertutur, terkait dengan berakhirnya masa jabatan rektor periode 2007-2012 maka MWA meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk menunjuk Pejabat Eselon I di lingkungan Kemendikbud. "Selanjutnya akan ditetapkan oleh MWA sebagai Pejabat Sementara (Pjs) rektor UI hingga terpilihnya rektor definitif," kata Said Agil dalam keterangan resminya.

(rfa)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Polisi Syariah Segel Salon Esek-Esek di Aceh