Peringkat Repositori Undip Terus Turun

|

Ilustrasi : ist.

Peringkat Repositori Undip Terus Turun

JAKARTA - Sejak 2010, dalam pemeringkatan Webometrics for Institutional Repository, peringkat Universitas Diponegoro (Undip), Semarang, di tingkat nasional cenderung turun. Pada 2010, Undip berhasil menempati posisi pertama dalam kategori repositori institusi sementara di pemeringkatan versi Juli 2012 harus puas berada di tempat ketiga dalam skala nasional.

Berdasarkan hasil pemeringkatan Webometrics for Institutional Repository Juli 2010, Undip mengukuhkan diri sebagai universitas dengan repositori institusi terbaik se-Indonesia dan urutan 49 di tingkat dunia. Pada Januari 2011, posisi Undip di tingkat nasional masih bertahan sebagai jawara namun dalam skala internasional, rangking Undip turun ke urutan 55.

Namun, di tahun yang sama pada periode kedua, yakni Juli 2011, Undip harus turun ke peringkat kedua di tingkat nasional. Namun di tingkat global, posisi Undip kembali menanjak ke peringkat 48. Demikian, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Rabu (1/8/2012).

Beralih ke 2012, pada Januari lalu, peringkat Undip di tingkat nasional kembali turun. Kali ini, Undip pun bertengger di posisi ketiga. Namun, kampus di bawah asuhan Sudharto P Hadi itu berhasil menanjak tajam pada skala global dengan meraih urutan ke-26.

Pada April 2012, peringkat Undip di tingkat nasional tetap stabil di posisi tiga sementara di skala internasional Undip meraih urutan 21. Dalam pemeringkatan yang terbaru, Juli 2012, Undip berada di posisi tiga se-Indonesia namun harus turun 15 peringkat menjadi urutan 36 pada skala global.

Sementara itu, pada kategori repositori, Undip juga cenderung mengalami penurunan. Pada Januari 2011, Undip menjadi runner up tingkat nasional dan menempati rangking 70 di dunia. Kemudian, pada Juli 2011, Undip tetap berada di peringkat kedua untuk tingkat nasional, sementara di tingkat internasional peringkat Undip meningkat hingga rangking 52.

Peringkat Undip di tingkat nasional kembali turun. Pada Januari 2012, Undip menempati posisi ketiga dengan rangking 34 di tingkat internasional. Sementara itu, pemeringkatan versi April 2012, Undip tetap bertahan di posisi tiga nasional dan meningkat ke rangking 28 pada skala global.

Dalam pemeringkatan terbaru, Juli 2012, peringkat Undip turun baik dalam skala nasional maupun internasional. Undip merosot ke urutan empat nasional dan terjun 18 peringkat ke rangking 46 di tingkat global.

(mrg)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Bus Masuk Jurang, 14 Orang Tewas dan 55 Luka