Usai Ceramah di LP, Saiful Dijebloskan ke Penjara

|

Ilustrasi

Usai Ceramah di LP, Saiful Dijebloskan ke Penjara

MOJOKERTO - Seorang terdakwa kasus korupsi dieksekusi petugas Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, usai mengisi ceramah di LP Kelas II Mojokerto, Jumat (3/8/2012) siang.

Saiful Madri (57), warga Desa Wates Projo, Kecamatan Kemlagi, ditangkap terkait kasus panti asuhan tahun anggaran 2003-2007.

Sempat terjadi perdebatan antara terdakwa dan petugas kejari, namun setelah diberi penjelasan, Saiful bersedia digiring ke dalam LP.

Saiful dieksekusi Kejari Mojokerto setelah ada putusan tetap dari Mahkamah Agung (MA) dalam kasus korupsi dana Panti Asuhan Darul Ulum tahun anggaran 2003 hingga 2007 sebesar Rp50 juta.

Dalam putusan MA, terdakwa diputus bersalah dengan hukuman satu tahun dua bulan penjara dan denda Rp50 juta.

Kasi Pidana Khusus Kejari Mojokerto, Edwin Ignatius Beslar, mengatakan, modus yang digunakan Saiful dengan cara mendirikan Panti Asuhan Darul Ulum dan mengajar di sebuah taman pendidikan Alquran (TPQ).

Setelah itu, anak-anak yang ikut TPQ dimasukkan dalam daftar penghuni panti asuhan, sehingga berhak mendapat dana bantuan ke Departemen Sosial.

Pada 2008, terdakwa divonis satu tahun dua bulan penjara, namun dia mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi Jawa Timur dan dinyatakan bebas. Jaksa kemudian melakukan upaya hukum lanjutan ke Mahkamah Agung dan terdakwa dinyatakan bersalah dan harus menjalani hukuman.

(ton)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Masa Depan Pendidikan Kembali ke Visi Jokowi