Komnas Temukan Peluru Tajam di Sengketa Lahan PTPN VII

Sabtu, 04 Agustus 2012 12:09 wib | Anita Nur Fitriany - Okezone

Komnas Temukan Peluru Tajam di Sengketa Lahan PTPN VII  Ilustrasi (Foto: okezone) JAKARTA – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas) HAM menemukan fakta adanya peluru tajam dalam bentrokan warga dengan polisi akibat sengketa lahan PTPN VII Cinta Manis  di Palembang, Sumatera Selatan.

“Fakta yang ditemukan itu peluru tajam, beberapa orang yang terluka, dan kesalahan prosedural,” ujar Wakil Ketua I Komnas HAM, M. Ridha Saleh saat dihubungi Okezone, Sabtu (4/8/2012).

Ditambahkan Ridha saat ini Komnas masih melakukan analisa kasus pelanggaran HAM tersebut dan sedang menysusun laporannya. “Saat ini kami sedang menyusun laporan analisanya,” katanya kembali.

Menurut Ridha untuk menyelesaikan kasus ini butuh kerjasama dengan Presiden dalam memberikan kebijakan dengan tim agraria. “Penanganannya dilakukan secara bersama, untuk itu, Presiden harus memberikan dengan kebijakan tim agraria,” ungkapnya.

Seperti diektahui, bentrok warga dengan polisi akibat sengketa lahan PTPN VII Cinta Manis yang berujung jatuhnya korban jiwa, memasuki babak baru. Enam perwira yang dianggap bertanggung jawab dalam insiden tersebut akan menjalani sidang disiplin.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Dikdik Mulyana Arief Mansyur mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan Bidang Propam, sudah ditetapkan enam perwira yang bertanggung jawab dalam bentrok antara personel Brimob dengan warga Limbang Jaya, Ogan Ilir.
(crl)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »