Bikin Kapal Sendiri, Tim MC ITS Ditaksir 3 Negara

|

Ilustrasi : ist.

Bikin Kapal Sendiri, Tim MC ITS Ditaksir 3 Negara

JAKARTA - Setelah menyabet juara tiga bidang International Contest of Seamenship and Boatbuilding pada Atlantic Challenge 2012, tim Maritime Challenge (MC) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya mendapat tawaran sebagai pengawas pembangunan kapal di tiga negara. Hal ini sesuai dengan kerja keras MC ITS sebagai satu-satunya tim dalam Atlantic Challenge 2012 yang mereka yang membangun kapalnya sendiri.

Keterampilan membangun kapal bukan perkara yang mudah. Membangun kapal tidak ubahnya seperti menangani sebuah proyek. Prosesnya tidak hanya mengandalkan kemampuan konstruksi tapi juga pendidikan karakter.

"Manajemen tim sangat dibutuhkan, terutama dalam pembagian tugas kerja. Kompleks sekali, tidak hanya teori saja,'' kata hubungan masyarakat (Humas) tim MC Fiqhy Dian Nashrullah, seperti dilansir dari ITS Online, Sabtu (4/8/2012).

Keterampilan tim MC membangun kapal Rojo Segoro secara mandiri ternyata menarik perhatian tiga negara, yakni Lithuania, Amerika Serikat, dan Meksiko. Bahkan mereka menawarkan merekrut anggota kru tim MC untuk menjadi supervisor pembangunan kapal mereka. ''Karena dari awal, pengalaman kita lebih banyak dibanding mereka,'' imbuh Fiqhy.

Hasil perjuangan membuat kapal Rojo Segoro selama 10 bulan berbuah lebih dari sekadar kemenangan berlaga. Kerjasama internasional mencatat riwayat baru kapal kebanggaan tersebut.

Selama beberapa tahun, Lithuania akan meminjamnya sebagai model pembangunan kapal. Dalam perjanjian yang telah dilakukan dengan tim dari ITS itu, negara tersebut harus sanggup membangun kapal yang sama tangguhnya dalam waktu dua tahun.

Tidak hanya itu, kapal berbahan kayu dan bambu itu juga akan menjadi sarana latihan serta mengikuti berbagai pameran. Destinasi selanjutnya akan mencakup wilayah Eropa dan Amerika tanpa harus mengeluarkan biaya sepeser pun. ''Kami beruntung, kalau harus bayar untuk pameran bisa mahal sekali,'' tandasnya.

Dalam Atlantic Challenge berikutnya di Prancis pada 2014, ada kemungkinan Rojo Segoro akan digunakan kembali. Namun tim MC juga tidak menutup kemungkinan untuk membangun sebuah kapal baru.

(mrg)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Kronologi Bentrok AMPG Versi Waketum Golkar