13 Agustus, Pjs Rektor UI Harus Sudah Ada

|

Image: Corbis

13 Agustus, Pjs Rektor UI Harus Sudah Ada

DEPOK – Rektor Universitas Indonesia (UI) Gumilar Rusliwa Somantri tinggal menghitung hari memimpin UI. Pasalnya masa jabatan rektor akan berakhir pada 14 Agustus 2012 mendatang.

Ketua Panitia Pemilihan Rektor UI Endriartono Sutarto mengatakan selama pemilihan rektor, maka UI akan dipimpin oleh rektor Pejabat Sementara (Pjs) yang ditunjuk oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Majelis Wali Amanat (MWA), kata dia, telah mengirimkan surat permintaan tersebut kepada Kemendikbud.

"Sudah kami kirim surat kepada Kemendikbud, nanti Kemendikbud yang menunjuk pejabat setingkat eselon satu. Kami mintanya paling lambat sehari menjelang 14 Agustus rektor Pjs sudah ada," katanya usai konferensi pers di Perpustakaan UI, Selasa (7/8/2012).

Endriartono berharap, seluruh pihak di UI memiliki wisdom dan kepentingan untuk UI, bukan kepentingan pribadi atau kelompok. Sebab saat ini, kata dia, masalah justru menjadi runcing dengan munculnya kisruh pemberitaan pemecatan sembilan dekan oleh rektor.

"Ini kan awalnya dipicu karena masa jabatan dekan seluruhnya habis, dan hanya dekan Fakultas Kedokteran yang diperpanjang. Lalu memang ada kekeliruan di rektor yang mengintepretasikan surat MWA, bahwa MWA putuskan penggantian prosedural pada dekan yang habis masa berlakunya kembali aktif. Proses itu barangkali yang terabaikan, semua dekan harusnya diganti dengan proses pemilihan, bukan diberhentikan," jelasnya.

Setiap tahun, kata dia, rektor pun membuat laporan pertanggungjawaban dan menyerahkannya kepada MWA. "Itu memang keharusan, tiap tahun itu memang ada. Tak usah diminta rektor pun sudah mengajukan sendiri laporan pertanggungjawaban, termasuk laporan keuangan," tandasnya.

(rfa)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Mengapa Tutut Bela Hakim Agung M. Saleh cs?