Bus Harapan Jaya Laik Jalan & Uji Kir Dump Truk Expired

Bus Harapan Jaya yang terlibat tabrakan (Foto: Nurul A/okezone)

Bus Harapan Jaya Laik Jalan & Uji Kir Dump Truk Expired
SURABAYA- Dinas Perhubungan (Dishub) dan Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) langsung melakukan investigasi terkait kecelakaan di Jalan Raya Trosobo, Sidoarjo.

Dari hasil oleh tempat kejadian perkara (TKP) yang dilakukan Dishub Jatim muncul bahwa Bus Harapan Jaya melaju dengan kecepatan 87 Km/Jam sebelum terjadi kecelakaan. Sedangkan Dum Truk dari arah berlawanan melaju dengan kecepatan 40 Km/Jam.

Kepala Dinas Perhubungan dan LLAJ Jawa Timur, Wahid, mengatakan saat bus tersebut melaju tiba-tiba ada motor keluar dari perkampungan langsung memotong jalan hendak putar balik.

"Sopir sudah berusaha mengerem dan membanting setir agar tidak menabrak motor itu, tapi malah nabrak pembatas jalan dan bus tersebut terguling," kata Wahid kepada Wartawan, Selasa (7/8/2012).

Dia menjelaskan, hasil investigasi kondisi bus Harapan Jaya dalam keadaan baik. Bahkan tekanan rem masih tersisa 8,1 Bar. Tekanan sebesar itu, lanjut Wahid, menunjukkan dalam kondisi normal.

Tim olah TKP yang terdiri dari Kepolisian ini juga menemukan bekas pengereman bus sekira empat meter sebelum menabrak median jalan dan terbalik. Selain itu ijin trayek yang dimiliki Bus Harapan Jaya ini masih berlaku hingga Januari 2013.

Hal itu berbeda dengan kondisi Dump Truk. Izin uji Kir kendaraan truk bermuatan batu bara ini sudah tidak berlaku hingga dua tahun lalu.

"Izin bus masih berlaku hingga Januari 2013, sedangkan uji KIR truk mati sejak Juli 2012," pungkasnya.

Kecelakaan maut ini terjadi pada Selasa (7/8/2012) sekira pukul 00.30 WIB. Bus Harapan Jaya bernomor polisi AD 7850 UR jurusan Tulungagung-Surabaya terlibat kecelakaan denganĀ  truk bermuatan batu bara nomor polisi W 8286 UD, dan sepeda motor Honda Supra Fit nomor polisi L3149 QY serta Yamaha Jupiter S 4345 XN. 8 Orang tewas dan 42 Orang menderita luka-luka. (kem)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Pilot & Kopilot Pesawat Beechcraft Masih Ditahan