KPK Gali Peran Andi Mallarangeng di Proyek Hambalang

|

KPK Gali Peran Andi Mallarangeng di Proyek Hambalang

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi tengah menggali peran Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Mallarangeng, dalam penyidikan kasus dugaan korupsi pembangunan sport center Hambalang, Jawa Barat, melalui anak buahnya, Dedi Rosadi.

 

Kepala Biro Rumah Tangga Kementerian Pemuda dan Olahraga, itu mengatakan penyidik sempat mencecar peran Andi dalam proyek bernilai Rp 2,5 triliun tersebut.

"Peran Menpora disinggung, iya. Tapi, saya bilang enggak ada," kata Dedi usai diperiksa KPK, Jakarta Selatan, Rabu (8/8/2012).

 

Dedi mengaku dicecar 20 pertanyaan oleh penyidik. Pertanyaan-pertanyaan itu meliputi soal mekanisme lelang, perencanaan, dan pengawasan dalam pengadaan proyek Hambalang. "Hambalang sesuai prosedur," tegas pria yang dalam proyek Hambalang menjabat sebagai Kepala Bidang Manajemen Olahraga dan Wakil Ketua lelang Hambalang.

 

Kasus Hambalang memang resmi naik status menjadi penyidikan, sejak 17 Juli 2012, setelah hampir setahun diselidiki KPK. Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto, mengklaim telah menemukan dua alat bukti yang cukup untuk menetapkan status penyidikan terhadap proyek Hambalang. "Kasus hambalang sudah tingkatkan ke penyidikan," kata Bambang Widjojanto beberapa waktu lalu.

 

Tersangka pertama yang diduga mengkorup uang proyek Hambalang adalah Deddy Kusnidar. Menurut Bambang, Deddy diduga telah menyalahgunakan kewenangan sehingga menimbulkan kerugian negara. "DK itu penyelenggara negara. Dia diduga menyalahgunakan kewenangan. Secara umum berkaitan dengan pengadaan sarana dan prasarana Hambalang," kata Bambang.

 

Dalam mencari bukti-bukti korupsi Hambalang terutama keterlibatan Deddy Kusnidar, KPK telah menggeledah sejumlah kantor hingga gudang yang diduga menjadi tempat korupsi. Penggeledan dilakukan, antara lain, di gedung Kementerian Pemuda dan Olahraga, kantor pusat PT Adhi Karya, PT Wijaya Karya, dan Dinas Pekerjaan Umum.

(ful)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Sidang Perdata Antasari Azhar Digelar Hari Ini