Oposisi Suriah Mundur dari Pertempuran Aleppo

Militer Suriah (Foto: Reuters)

Oposisi Suriah Mundur dari Pertempuran Aleppo
ALEPPO - Pihak oposisi Suriah Free Syrian Army (FSA) mundur dari pertempuran di distrik Salaheddin, Kota Aleppo. Sebelumnya mereka melakukan perlawanan keras terhadap pasukan Pemerintah Suriah.

Keputusan untuk menarik mundur pasukan FSA ini terpaksa dilakukan setelah pasukan pemerintah melancarkan serangan ke basis pertahanan FSA. Pihak oposisi mengatakan sejumlah besar warga sipil dilaporkan tewas dalam kejadian ini.

"Kami terpaksa mundur secara taktis dari Salaheddin. Distrik kini benar-benar bersih dari pasukan oposisi. Pasukan pemerintah saat ini tengah bergerak masuk ke wilayah Salaheddin," ujar Komandan FSA Hossam Abu Mohammed, seperti dikutip AFP, Jumat (10/8/2012).

"Pasukan FSA terpaksa menarik diri hingga distrik Sukari. Di wilayah ini, kami akan mempersiapkan serangan balasan," lanjutnya.

Abu Mohammed menyatakan, bom terus dilesakan oleh pihak militer Suriah. Mereka menggunakan bom thermobaric yang bisa mengeluarkan api yang ditargetkan pada musuh di wilayah tertutup.

"Serangan pasukan pemerintah telah menewaskan banyak warga sipil. Mereka juga telah menewaskan 40 dari pasukan kami. Sekira 40 bangunan rata dengan tanah," imbuhnya.

Tetapi ketua the Syrian Observatory for Human Rights Rami Abdel Rahman mengatakan, pasukan FSA hingga kini masih bertahan di Distrik Salaheddin. Mereka dikabarkan siap bertempur hingga tewas.

Pemimpin Brigade Nur al-Haq, Wassel Ayub mengatakan, pihak FSA saat ini mempersiapkan serangan terbaru di Saif al-DAWLA dan Mashhad. Mereka menilai, meninggalkan Aleppo bukan berarti FSA menarik diri dari wilayah tersebut. FSA mengaku memiliki rencana militer untuk mempertahankan kota itu dari serangan pasukan Pemerintahan Presiden Bashar al-Assad. (faj)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Bantuan PBB untuk Suriah Tertahan Perang di Kobani