Cara Sukses Kuliah Sastra

|

Image: Corbis

Cara Sukses Kuliah Sastra

MEMILIH jurusan sastra berarti harus siap berkutat dengan berbagai literatur klasik hingga modern. Perjuangan lainnya juga adalah untuk menguasai bahasa asing sesuai jurusan yang kita pilih. Bahkan, mahasiswa jurusan sastra Indonesia sendiri mengaku, kerap kesulitan memahami materi kuliah.

Tetapi, tidak perlu gusar, ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk memudahkan kita mengikuti kuliah di jurusan sastra. Berikut tipsnya seperti dilansir Surviving College, Minggu (12/8/2012).

Tentukan tujuan

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mencari tahu alasan kita mengambil sebuah mata kuliah. Apakah untuk memenuhi syarat SKS sesuai jurusan yang kita ambil, atau hanya untuk memenuhi jadwal kuliah yang masih kosong? Sangatlah penting untuk mengetahui tujuan kita mengambil suatu mata kuliah, terutama karena kita harus membayar untuk itu. Tentu kita tidak ingin mengambil mata kuliah yang tidak diperlukan, bukan?

Komitmen

Kita harus berkomitmen penuh ketika memutuskan mengambil suatu mata kuliah. Terlebih lagi, kelas sastra akan penuh aktivitas membaca dan menulis.  Terkadang, sebagai mahasiswa kita menganggap remeh suatu mata kuliah dan berpikir akan mendapat nilai bagus dengan mudah. Ini adalah pemikiran yang salah.

Dapatkan semua buku yang diperlukan untuk suatu mata kuliah dan mulailah membacanya sekarang. Jika memungkinkan, kirimlah email kepada dosen yang akan mengampu mata kuliah tersebut dan mintalah dia mengirimkan silabus perkuliahan lebih awal. Cara ini memberi kesempatan bagi kita untuk mulai bersiap menghadapi kuliah lebih awal, termasuk membaca berbagai buku wajib, dan juga mambuka kesempatan kita untuk membina hubungan dengan sang dosen sebelum kuliah dimulai.

Bina hubungan baik dengan dosen

Tidak ada salahnya mengenal dosen pengampu mata kuliah kita. Cari tahu di mana kantornya, dan temui mereka pada saat jam kerja. Kita bisa bertanya tentang berbagai materi perkuliahan yang tidak dimengerti, mendiskusikan tugas, atau sekadar menyapanya.

Siapa tahu, hubungan baik yang kita bina dengan dosen akan memudahkan kita ketika membutuhkan surat rekomendasi untuk sebuah pekerjaan, beasiswa, atau untuk melamar ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Konsentrasi dan mencatat

Memiliki catatan adalah hal penting dalam kuliah sastra.  Menulis catatan selama mengikuti kuliah atau ketika kita melakukan riset akan memberi fondasi yang bagus bagi otak untuk mengingat materi kuliah. Dan hal ini akan sangat membantu ketika kita akan menghadapi kuis dan ujian.

Begitu juga dengan berkonsentrasi penuh ketika sedang mengikuti kuliah. Dengan berkonsentrasi, kita akan lebih mudah menyerap materi yang disampaikan dosen, dan tidak ketinggalan berbagai informasi penting seputar perkuliahan seperti jadwal ujian dan daftar tugas.

Partisipasi

Poin ini juga cukup penting. Berpartisipasilah di kelas. Kebanyakan dosen menghendaki partisipasi mahasiswa di kelas mereka dan mencatat hal ini sebagai faktor penambah nilai akhir.

Jangan menjadi mahasiswa yang hanya duduk diam di kelas. Berpartisipasi adalah cara paling mudah yang bisa kita lakukan. Karena dengan begitu, kita jadi bisa menyuarakan opini kita tentang materi yang tengah didiskusikan. tentu saja, kita harus membekali diri dengan membaca materi kuliah sebelum kelas dimulai. Tidak ada pendapat yang salah dalam sebuah diskusi, terlebih ketika kita sudah menyiapkan diri. Katakan saja pendapatmu dan kuatkan argumen tersebut dengan bukti-bukti pendukung.

(rfa)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Banjir Bikin Lalu Lintas Pertigaan Hek Kacau