KPK Kembali Periksa Direktur PT PAL

|

Ilustrasi (Okezone)

KPK Kembali Periksa Direktur PT PAL

JAKARTA - Dalami kasus korupsi tanah PT Barata Indonesia, penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menjadwalkan pemeriksaan terhadap Direktur PT PAL, Harsusanto.

"Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi," kata Kepala bagian informasi dan pemberitaan Priharsa Nugraha, melalui pesan singkatnya, Senin (13/8/2012).

Pemeriksaan terhadap Direktur Perusahaan BUMN ini sudah kedua kalinya. Sebelumnya, Harsusanto diperiksa oleh KPK pada pekan lalu.

Seperti diketahui, pada kasus penjualan tanah aset PT Barata Indonesia ini, KPK telah menetapkan Direktur Sumber Daya Keuangan dan Sumber Daya Manusia PT Barata Indonesia Mahyuddin Harahap sebagai tersangka.

Dugaan korupsi yang terjadi yakni penjualan tanah milik PT Barata dengan cara diturunkan harganya dari harga Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) yang berlaku tahun 2004. Total kerugian negara dari penjualan Tanah milik PT Barata di Jalan Nagel No.109 Surabaya itu diduga sekitar Rp40 miliar. Karena seharusnya harga tanah Rp 122 miliar. Namun dijual oleh tersangka dengan harga Rp 82 miliar.

Atas perbuatannya, Mahyuddin disangka melanggar Pasal 2 Ayat (1) dan atau Pasal 3 UU Pemberantasan Korupsi.Kasus ini muncul saat relokasi pabrik PT Barata dari Surabaya ke Gresik, Jawa Timur pada 2006. Saat relokasi, dana yang dikeluarkan mencapai Rp 44,7 miliar, diduga terdapat dana 'siluman' sebesar Rp1,4 miliar.

(ydh)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Pimpinan DPR Ajak KIH Duduk Bersama