Riau Dikepung Asap, Pemerintah Buat Hujan Buatan

|

Ilustrasi kabut asap (Foto: Koran SI)

Riau Dikepung Asap, Pemerintah Buat Hujan Buatan

PEKANBARU- Munculnya kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan beberapa hari ini, membuat pemerintah melakukan hujan buatan. Ini bertujuan untuk mencegah agar pelaksaan PON di Riau mendatang tidak terganggu asap.

Kegiatan itu diadakan oleh Badan Penanggulan Bencana  Nasional (BPBN) dan Badan Pengkajian dan PenerapanTeknologi (BPPT). Direktur Tanggap Darurat BNPB, Tri Budiarto, mengatakan, pembuatan hujan buatan bertujuan untuk menerapkan teknologi modifikasi cuaca.

“Dengan adanya hujan buatan ini, nantinya kita harapkan tidak ada asap. Apalagi saat penyelenggaraan PON nantinnya,” katanya  Selasa (14/8/2012) di Pekanbaru.

Berdasarkan satelit NOA, muncul kabut asap di sejumlah daerah. Sejak Januari hingga Agustus 2012 tercatat ada 15.392 titik api yang terdeteksi. Terbanyak ada di Riau dengan  3.486 titik api, disusul Sumatera Selatan dengan 2.356 titi api. Kalimantan Barat 2.105, Jambi 1.341 titik api, dan sisanya daerah lain.

“Untuk wilayah Pulau Sumatera, hujan buatan dipusatkan di Riau. Sementara di Kalimantan yakni di Pontianak. Hujan buatan ini menggunakan satu pesawat jenis Cassa dan 2 hellikopter untuk mengangkut dan menebar garam di udara. Kita sudah mengangarkan Rp10 miliar untuk ini,”  imbuhnya.

 

Kebakaran sendiri terjadi di hutan alam maupun di perusahaan Hutan Tanaman Industri  (HTI) maupun di perkebunan kelapa sawit dan lahan masyakarat di Riau.

(kem)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Bawa Golok, Tiga Pelajar Diciduk Polisi