Upacara HUT RI di Istana Negara Berlangsung Khidmat

Jum'at, 17 Agustus 2012 10:40 wib | Susi Fatimah - Okezone

Upacara HUT RI di Istana Negara Berlangsung Khidmat JAKARTA - Upacara bendera dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-67 di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta telah dimulai sekira pukul 09.58 WIB. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bertindak sebagai inspektur upacara.

Peringatan detik-detik proklamasi diiringi dengan serangkaian prosesi. Lengkingan bunyi sirene, tembakan meriam sebanyak 17 kali serta suara beduk di masjid-masjid dan lonceng di gereja-gereja selama satu menit menandai dimulainya upacara.

Pantauan Okezone, di Istana Merdeka, Jumat (17/8/2012) para peserta terlihat khidmat mengikuti jalannya upacara.  Kolonel Infantri Sonny Apriyanto bertindak sebagai komandan upacara.

Dipanggung kehormatan terlihat presiden didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono, Wapres Boediono dan Herawati, mantan Wakil Presiden Try Sutrisno, Ketua MPR Taufiq Kiemas, Wakil Ketua DPR Pramono Anung, Guruh Soekarno Putra, Sukmawati, serta sejumlah menteri kabinet Indonesia Bersatu Jilid II.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan naskah proklamasi oleh Ketua DPR Marzuki Alie dan dilanjutkan dengan pengibaran bendera Merah Putih oleh pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) diiringi lagu Indonesia Raya oleh Paduan Suara dan Orkestra Gita Bahana Nusantara.

Sebagai pembawa baki yang akan menerima bendera pusaka dari Presiden SBY adalah Mega Ayundya, siswi SMA Taruna Nusantara Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. 

Tepat pukul 10.30 WIB akan ada pertunjukan fly pass pesawat tempur F-16 dan Sukhoi dari TNI Angkatan Udara. Puluhan pesawat tempur tersebut beraksi di atas langit Istana disaksikan oleh presiden dan para undangan yang hadir.

Sore nanti, upacara penurunan Bendera Merah Putih akan digelar sekira pukul 17.00 WIB. (trk)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »