2 Hakim Tipikor yang ditangkap KPK Sudah Lama Diincar

Jum'at, 17 Agustus 2012 15:02 wib | Tegar Arief Fadly - Okezone

Ilustrasi (Foto: Dok Okezone) Ilustrasi (Foto: Dok Okezone) JAKARTA - Dua orang hakim ad hoc Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), yang ditangkap penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), yakni HK dan KM sudah sejak lama menjadi incaran KPK.

Berdasarkan informasi dari masyarakat dan Mahkamah Agung (MA), kedua hakim tersebut memang sering melakukan upaya untuk membebaskan seorang yang telah menjadi terdakwa dalam kasus korupsi.

"Beliau-beliau ini memang sebagiannya dikenal yang suka membebaskan terdakwa kasus tipikor. Jadi memang sudah ada dalam radarnya MA juga," kata Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto, kepada wartawan di kantornya, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (17/08/2012).

Bambang menuturkan, pemberian suap ini dilakukan berkaitan dengan salah satu kasus seorang pejabat di Semarang. Namun saat dimintai keterangan lebih lanjut, Bambang tidak bersedia untuk membeberkannya.

"Pemberian sesuatu ini diduga berkaitan dengan satu proses pemeriksaan yang sedang dilakukan yang menyangkut seseorang yang mempunyai jabatan cukup tinggi di daerah yang kasusnya sedang diperiksa," ungkapnya.

Dalam penangkapan ketiga orang tersebut, selain bekerja sama dengan MA, KPK juga melakukan kerja sama dengan pihak penegak hukum yang ada di Semarang. "Kami kerja sama dengan aparat penegak hukum lain di Kejaksaan Tinggi di Semarang," sambungnya. (put)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »