Mahfud MD: Hakim Tipikor Hanya Mengabdi Pada Uang

Senin, 20 Agustus 2012 11:10 wib | Dedy Prianto - Sindo TV

PAMEKASAN- Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD mengatakan hakim Tipikor di daerah hanya mengabdi pada uang dan bukan keadilan. Menurut Mahfud sebagian hakim Tipikor daerah ikut bermain dengan membebaskan terdakwa korupsi.

Mahfud  menyayangkan para hakim di pengadilan tipikor di daerah , yang menurutnya ‘ikut bermain’ dengan membebaskan pelaku korupsi . “Mereka menjadi hakim karena mencari uang pekerjaan bukan untuk mengabdi pada keadilan,” kata Mahfud di Masjid Agung As Syuhada, Pamekasan, Madura.

Kata Mahfud, Mahkamah konstitusi akan mengkaji ulang kinerja dan keberadaan pengadilan Tipikor di daerah yang justru sangat lemah  dalam menangani kasus korupsi . Penangkapan dua hakim Tipikor di Semarang oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi salah satu indikator buruknya kinerja mereka.

“Pengadilan Tipikor di daerah hampir semuanya bermain dan membebaskan para pelaku korupsi,” katanya.

Seperti diketahui, KPK menangkap hakim pengadilan Tipikor Semarang dan Pontianak, Kartini Marpaung dan Hakim Heru Kusbandoyo.Kedua hakim tersebut memang sering melakukan upaya untuk membebaskan seorang yang telah menjadi terdakwa dalam kasus korupsi. Keduanya ditangkap terkait kasus pemberian suap dari seorang pejabat di Semarang yang tersangkut kasus korupsi. (Dedy Prianto/Sindo TV/ugo)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »