Hari ini, Jamaah Naqsabandiyah Jombang Berlebaran

|

Jemaah Naqsabandiyah di Jombang melangsungkan Salat Ied (foto: Mukhtar B/ Sindo TV)

Hari ini, Jamaah Naqsabandiyah Jombang Berlebaran

JOMBANG – Ribuan Jamaah Tarikat Naqsabandiyah Khalidiyah Mujadadiyah Al-Aliyah (JTNKMA) di Jombang, Jawa Timur melaksanakan Salat Ied hari ini. Lebaran yang lebih lama satu hari dibanding penetapan pemerintah ini, lantaran pada Sabtu sore lalu belum terlihat adanya hilal.

“Rukyah yang kami lakukan pada Sabtu sore lalu gagal melihat bulan. Sehingga puasa digenapkan menjadi tiga puluh hari,” kata pimpinan JTNKMA, KH Nasuha Anwar di Jombang, Senin (20/8/2012).

Diakuinya, rukyah dilakukan di beberapa lokasi, seperti di Megaluh Jombang, Tanjungkodok Lamongan, Pantai Kenjeran Surabaya hingga Gresik. “Terserah jika ada yang tidak sependapat. Dasar puasa adalah rukyah, bukan sekedar ikut-ikutan pemerintah atau ormas Islam,” ujarnya.

Berdasarkan pantauan, ribuan jemaah melangsungkan salat hari raya di Desa Dukuh Klopo, Kecamatan Peterongan. Sejak malam, takbir terus bergema di mesjid-mesjid di daerah itu.

Usai salat, para jamaah menandai perayaan lebaran dengan menabuh bedug, menyalakan petasan dan menggelar tasyakuran di dalam mesjid.

(ris)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Ganggu Transportasi Laut, Pemerintah Kepulauan Seribu Sidak Bagan Milik Nelayan