Gempa 5,1 SR Guncang Sekitar Danau Toba

Senin, 27 Agustus 2012 18:35 wib | Wahyudi Siregar - Okezone

Gempa 5,1 SR Guncang Sekitar Danau Toba Ilustrasi MEDAN – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan, Sumatera Utara, mencatat terjadi gempa berkekuatan 5,1 skala richter di sekitar kawasan Danau Toba, Sumatera Utara. Gempa berpusat di 2,34 derajat Lintang Utara dan 98,97 derajat Bujur Timur atau 33 kilometer barat laut Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), dengan kedalaman 140 kilometer di bawah permukaan tanah.

Kepala Bidang Pelayanan Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan, Hendra Suwarta, mengatakan, meski berkekuatan cukup besar, namun gempa tidak terasa begitu kuat akibat pusat gempa jauh di bawah permukaan tanah.

“Kekuatannya lumayan, tapi karena terletak cukup dalam, maka getaran maupun guncangannya tak begitu terasa. Bahkan untuk wilayah di sekitar Tobasa saja tak seluruhnya merasakan gempa. Belum ada informasi terkait kerusakan yang disebabkan oleh gempa ini. Gempa susulan bisa saja terjadi akibat pergeseran lempeng dalam akan juga menggerakan lempeng di atasnya. Ini harus tetap diwaspadai,” jelasnya pada Okezone saat dihubungi, Senin (27/8/2012).

Sementara itu, Marihot Silaen (31), warga Desa Dolok Nagodang, Kecamatan Uluan, Kabupaten Tobasa, mengaku merasakan getaran gempa. Namun guncangan tak sampai menyebabkan warga panik. Di samping cukup pelan, guncangan sangat cepat.

“Ada memang gempa kami rasa, cuma enggak begitu kuat. Enggak semua orang keluar rumah karena sebentar kali. Lagipula masyarakat di sini sudah terbiasa dengan gempa. Jadi kalau enggak terlalu kuat, kami biasa saja,” katanya. (ris)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »