Akhir Oktober, Iran Laksanakan Latihan AU Terbesar

|

S-300 Rusia (Foto: Colourbox)

Akhir Oktober, Iran Laksanakan Latihan AU Terbesar

TEHERAN - Iran akan mengadakan latihan angkatan udara pada akhir Oktober mendatang. Hal ini ditegaskan oleh Komandan pangkalan militer Khatam Al-Anbiya Jenderal Farzad Esmaili.

Menurut Fars, yang dikutip Trend, Senin (3/9/2012) Jenderal Esmaili mengatakan, latihan angkatan udara mendatang akan menjadi yang terbesar yang pernah di diadakan di Iran.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Jenderal Esmaili juga menyinggung perkembangan terkait produksi senjata anti-pesawat tempur milik Iran. Esmaili menjelaskan sekira 30 persen sistem persenjataan tersebut telah dirampungkan.

"Sistem ini dasarnya sama dengan yang dimiliki sistem persenjataan anti-pesawat tempur Rusia S-300. Nantinya ini akan disebut dengan Bavar 373," ujar Esmaili.

"Bagian utama dari sistem ini telah dikerjakan dan sejauh ini tidak ada masalah terkait produksi," tutur Jenderal Iran itu.

Rusia dan Iran kabarnya telah menandatangani kontrak senilai miliaran dolar Amerika Serikat (AS) terkait dengan pembelian S-300. Namun setelah Barat memberlakukan embargo atas pasokan senjata ke Teheran, Negeri Beruang Merah pun membatalkan kesepakatan tersebut.

S-300 milik Rusia itu diketahui merupakan sistem persenjataan defensif bukan ofensif.

Esmaili menegaskan bahwa Iran memiliki sistem persenjataan anti-pesawat yang tangguh. Jenderal Esmaili bahkan menyinggung kembali peristiwa 2010 lalu, ketika pasukan Iran memberikan peringatan keras kepada dua pesawat AS selama latihan militer di Provinsi Ashegan, Iran.

(rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Menteri Kesehatan Blusukan ke Puskemas di Kendari