Suhu di Makassar Tembus 34 Derajat Celcius

Suhu di Makassar Tembus 34 Derajat Celcius
MAKASSAR - Sepekan terakhir, jutaan warga Kota Makassar, Sulawesi Selatan, mengeluh kepanasan. Banyak yang mengira itu hanya pengaruh musim kemarau yang sedang berlangsung.

Balai Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah Makassar saat dikonfirmasi menyebutkan, suhu udara di Kota Daeng memang meningkat dibanding bulan yang sama di tahun-tahun sebelumnya. Kepala BMKG Makassar, Soejarwo, mengungkapkan suhu udara Makassar mencapai temperatur maksimum 34 derajat Celcius.

“Puncak musim kemarau dari Makassar sampai Pinrang tahun ini terjadi Agustus sampai September dengan mencapai 33 hingga 34 derajat. Suhu normal biasanya hanya 28-29 derajat. Saya perkirakan sampai akhir September hujan tidak ada sama sekali,“ terang Soejarwo.

BMKG wilayah Makassar melansir suhu udara rata-rata di pesisir barat Sulsel, mulai dari Kota Makassar, Maros, Pangkep, Barru, Parepare, Sidrap, dan Pinrang berkisar antara 33 dan 34 derajat celsius selama Agustus-September. BMKG memperkirakan, musim kemarau di Makassar-Pinrang terhitung sejak Mei 2012 dan diprediksi baru berakhir pada November 2012. Sementara, puncak musim kemarau terjadi Agustus-September.

Namun, Soejarwo menilai, musim kemarau dan perubahan suhu udara di Sulsel di tahun ini masih stabil. Sama dengan tahun-tahun sebelumnya. “Udara sangat kering dan cuaca sangat cerah adalah penandanya,“ tutur Soejarwo.

Sedangkan untuk wilayah timur dan selatan Sulsel mulai dari Selayar, Bulukumba, Sinjai, Bone, Soppeng, Wajo, Luwu, Palopo, Luwu Utara, akan memasuki puncak musim kemarau pada Oktober. “Hujan di daerah itu akan turun Januari nanti,“ pungkasnya.

Di Toraja dan Enrekang sudah mulai turun hujan dengan udara lembab. Hal ini terjadi karena tiga kabupaten itu berada di dataran tinggi.

Sementara, suhu udara di Kabupaten Gowa dan Takalar relatif sama dengan Sulsel bagian timur. Sebaliknya, Bantaeng kerap menyesuaikan dengan wilyah barat. (ris)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Lima Perempuan Belia Terperdaya Janji Kakek 70 Tahun