BNPT: Arti Jihad Bagus, Teroris Itu Haram

Sabtu, 08 September 2012 16:17 wib | Angkasa Yudhistira - Okezone

Ilustrasi (Foto: okezone) Ilustrasi (Foto: okezone) JAKARTA - Direktur Deradikalisasi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Irfan Idris, meminta masyarakat untuk tidak mengaitkan arti terorisme dengan jihad dan radikalisme.

"Reedukasi dilaksanakan, yakni membingkai ulang soal jihad. Sebenarnya arti jihad itu bagus, tetapi teroris itu haram," kata Irfan saat acara Polemik Sindo Radio, Cikini, Jakarta Pusat (8/9/2012).

Jihad sendiri, katanya, memiliki banyak arti seperti berjihad dengan menggunakan pemikiran. "Jadi tidak semua jihad itu berarti pengerusakan," ujarnya.

Dirinya kembali menegaskan perlu diadakan pendidikan yang mendasar terkait apa arti dari jihad dan radikalisme, serta apa arti terorisme sehingga masyarakat tidak lagi mengaitkan istilah tersebut sebagai salah satu bentuk terorisme.

"Aksi terorisme yang selama ini terjadi janganlah dikait-kaitkan dengan jihad dan radikalisme. Arti Jihad dan radikal itu berbeda, radikal itu tidak selamanya negatif. Dalam Islam, kita harus radikal dalam menjalankan lima rukunnya," tegasnya.
(crl)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »