SBY Akan Kenakan Teluk Belanga Saat Buka PON di Riau

Presiden SBY (dok. Okezone)

SBY Akan Kenakan Teluk Belanga Saat Buka PON di Riau
PEKANBARU - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dijadwalkan akan membuka acara pesta Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII di Stadion Utama Riau pada 11 September 2012. Rencananya, SBY akan mengenakan pakaian Teluk Belanga, pakaian khas Suku Melayu, dalam event empat tahunan sekali itu

"Insya Allah Pak SBY yang akan membuka PON. Rencananya beliau akan memakai pakaian batik Teluk Belanga, begitu juga dengan Pak Wakil Presiden Boediono juga akan memakai pakaian yang sama ," kata Kepala Biro Humas Pemprov Riau, Chairul Rizki, kepada Okezone, Sabtu (8/9/2012).

Kedua pimpinan negara ini juga akan dilengkapi dengan penutup kepala pakaian Melayu, biasa disebut Tanjak.

Sementara itu, kedua ibu negara yakni, Ani Yudhoyono dan Herawati Boediono, juga akan memakai seragam Teluk Belanga.

Al Azhar, salah satu tokoh Melayu Riau, mengaku, bangga jika Presiden SBY benar memakai pakaian adat Melayu. Menurutnya, pakaian tersebut merupakan pakaian kebesaran bagi suku mereka.

"Teluk Belanga merupakan pakaian adat Melayu dan bisa juga digunakan sehari-hari. Ditambah lagi, Pak SBY juga telah diberi gelar oleh Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) beberapa tahun lalu dengan sebutanĀ  Seri Indra Setia Amanah Wangsa Negara. Ini artinya, Pak SBY telah menjadi keluarga Melayu dan kami sangat bangga," kata Az Azhar yang dimintai keterangan secara terpisah. (ris)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Janjikan Jimat Penglaris, Dukun Setubuhi Remaja 16 Tahun