Bakal Ada Lagi Parpol yang Gugur di Verifikasi Lanjutan

|

Ilustrasi

Bakal Ada Lagi Parpol yang Gugur di Verifikasi Lanjutan

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan bahwa dari 46 partai politik (parpol) yang mendaftar verifikasi faktual untuk pemilu  2014, tercatat hanya 34 parpol yang akan diverifikasi. Sedangkan 12 parpol lainya telah dinyatakan gagal memenuhi 17 persyaratan administrasi yang telah ditentukan oleh KPU.

Lantas, apakah dalam tahapan selanjutnya nanti ke 34 parpol tersebut seluruhnya akan lolos?

Menanggapi pertanyaan tersebut, anggota Komisi II DPR, Abdul Malik Haramain dengan tegas menyatakan bahwa kemungkinan besar akan ada parpol yang kembali gugur dalam tahapan selanjutnya nanti.

"Saya yakin masih ada yang kemungkinan parpol tidak lolos di verifikasi selanjutnya," kata Malik saat berbincang dengan Okezone di Jakarta.

Menurut Malik, kebanyakan parpol, terutama parpol baru, didirikan tidak dengan pondasi yang kuat. Misalnya minimnya persiapan, serta kapasitas sumber daya manusia yang kurang mumpuni.

"Tidak semua (pendiri) partai serius membikin partai. Saya kira mungkin proses berdirinya pragmatis, proses berdirinya juga kurang persiapan. Baik sumber daya manusia dan lain-lain. Mungkin itu," terangnya.

Faktor lain yang menjadi penyebab dari gagalnya parpol melalui tahapan verifikasi adalah karena ambisi yang terlalu besar. Artinya, partai tersebut didirikan hanya untuk mengejar kekuasaan semata.

"Atau mereka mendirikan partai karena memang pragmatis mengejar kekuasaan, ta

(ris)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Rezim Jokowi Jangan Main Kasar soal Kisruh Partai Golkar