Ketua DPR: Pemerintah Harus Beberkan Kunker ke Luar Negeri

Kamis, 13 September 2012 10:57 wib | Tegar Arief Fadly - Okezone

Ketua DPR: Pemerintah Harus Beberkan Kunker ke Luar Negeri Marzuki Alie (Foto: Heru H/okezone) JAKARTA - Kecaman yang muncul dari seluruh lapisan masyarakat perihal seringnya anggota DPR melakukan kunjungan kerja (kunker) ke luar negeri, membuat beberapa anggota dewan gerah.

Pasalnya, publik seolah-olah hanya mengkritisi lembaga DPR. Padahal, kementerian pun tidak jarang melakukan kunjungan kerja ke luar negeri.

Terkait hal tersebut, Ketua DPR Marzuki Alie menuturkan, bahwa sebagai lembaga negara, selama ini DPR selalu transparan dalam segala hal, termasuk saat melakukan fungsi legislasi maupun pengawasan.

Namun tidak demikian dengan lembaga kementerian yang kurang mendapat sorotan publik dan terkesan menutup akses informasi.

"DPR ini kan lembaga yang paling terbuka. Kita menjadi contoh bagi lembaga lain soal keterbukaan informasi publik. Apa saja data di DPR ini bisa diambil. Orang (instansi) lain enggak ada keterbukaan," ujarnya kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (13/9/2012).

Karena itu, Marzuki juga berharap agar lembaga negara lain seperti kementerian harus terbuka dalam menyajikan segala aktifitasnya ke hadapan publik, termasuk soal kunker ke luar negeri. "Ya harus dong," tutup Marzuki.
(lam)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »