Registrasi S-1 Kesehatan Beri Kepastian Jenjang Karier

|

Image: Corbis

Registrasi S-1 Kesehatan Beri Kepastian Jenjang Karier

SEMARANG – Mulai tahun depan, para lulusan program pendidikan S-1 kesehatan masyarakat akan memperoleh surat tanda registrasi (STR) yang diberikan Kementerian Kesehatan melalui Majelis Tenaga Kerja Provinsi.

"Untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat, diperlukan lulusan Sarjana Kesehatan Masyarakat (SKM) yang berkualitas. Untuk itu diperlukan sistem sertifikasi dan standar pelayanan profesi kesehatan masyarakat," kata Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Adang Bachtiar di sela-sela Studium Generale yang diselenggarakan Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Semarang (Unnes), kemarin.

Lebih lanjut dikatakan, SKM sesuai UU Kesehatan No 36 Tahun 2009 adalah sumber daya kesehatan strategis untuk melaksanakanupaya kesehatan perorangan (UKP), serta upaya kesehatan masyarakat (UKM) bidang promotif dan preventif. Kondisi yang ada saat ini, ungkap Adang, kualitas tenaga kesehatan belum sepenuhnya terpenuhi. Dengan demikian, seluruhnya masih menjadi tanggung jawab Kementerian Kesehatan, termasuk tenaga kesehatan asing yang masuk ke Indonesia.

"Isu strategis saat ini adalah kualitas pendidikan kesehatan belum terpadu dengan kualitas pelayanan kesehatan. Selain itu, belum jelasnya jenjang karier tenaga kesehatan masyarakat (tahapan pendidikan, penempatan, dan pengembangan karier profesi)," bebernya.

Pelaksanaan registrasi melalui STR bertujuan menjadi pedoman bagi penyelenggaraan pendidikan, tenaga kesehatan masyarakat dalam pekerjaan dan tugas profesinya. "Di samping itu, guna pengaturan, pendayagunaan, pembinaan, pengawasan, pengambilan kebijakan untuk penetapan dan peningkatan karier," imbuhnya lagi.

Sementara itu, Ketua Panitia Studium Generale Irwan Budiono berkata, kegiatan tersebut mengambil tema "Peran Lembaga Penyelenggara Pendidikan Tinggi Kesehatan Masyarakat dalam Menyiapkan Sarjana yang Profesional dan Teregistrasi".

"Setidaknya diikuti oleh 125 peserta dari mahasiswa, dosen, dan tamu undangan dari perguruan tinggi lain," tukasnya. (susilo himawan/koran si)

(rfa)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Ketinggian Ombak di Laut Ternate-Manado hingga Empat Meter