Untung Rugi Pemilukada Serentak Versi Mendagri

Jum'at, 14 September 2012 11:32 wib | Tegar Arief Fadly - Okezone

Ilustrasi (Foto: okezone) Ilustrasi (Foto: okezone) JAKARTA - Dirjen OTDA Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Djohermansyah Johan mengungkapkan bahwa terdapat beberapa keuntungan yang bisa diperoleh dari pelaksanaan pemilukada secara serentak yang digagas oleh beberapa fraksi di DPR.

Diantaranya, dengan dilaksanakanya pilkada serentak, maka akan menciptakan sinergisitas antara pemerintah pusat dan daerah terutama dalam hal pembangunan.

"Kalau kita gelar pilkada serentak maka perencanaan pembangunan kita lebih sinergis antara pusat dan daerah. Kalau sekarang karena periode waktunya tidak sama, maka tidak sinkron," ujarnya dalam sebuah dialog di ruang Fraksi Golkar, DPR, Jakarta, Jumat (14/09/2012).

Selain itu, keuntungan dari dilaksanakanya pemilukada serentak selain mempertimbangkan keefesiensian biaya, juga pihak partai politik tidak disibukan dengan persiapan yang panjang dan berulang-ulang.

Sementara itu, menurut Johan dalam perencanaan pemilukada serentak tersebut juga telah diusulkan terkait sengketa pilkada yang akan ditangani kembali oleh Mahkamah Agung (MA) bukan di Mahkamah Konstitusi.

Namun Johan juga tidak membantah jika nanti MK akan terkesan kewalahan dalam menangani sengketa pilkada tersebut.

"Kalau kita memilih pilkada serentak, maka penyelesaian sengketa tidak lewat MK tapi lewat MA. Kalau ada sengketa kita sudah mengatur membatasi waktu sengketa. Tidak seperti sekarang setelah ada keputusan KPU, di SK kan oleh pemerintah, terus ada PTUN. Hanya nanti MK tidak mampu menyelesaikan permasalahan," ungkapnya.
(crl)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »